Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Intel atau AMD,Berikut Kekurangan Dan Kelebihannya

Dua produk processor yang memang saat ini sedang bersaing soal performa dan harga.Intel sendiri merupakan pemain lama namun setelah lahirnya AMD sedikit terusik dalam hal penjualannya.Buat anda yang saat ini mau membeli Laptop dan bingung memilih Intel atau AMD berikut kekurangan dan kelebihannya masing-masing:

Kelebihan Processor Intel:

1.Tidak cepat panas

Meskipun saat ini Processor  AMD sudah memiliki teknologi yang membuatnya tidak cepat panas namun Intel masih lebih baik dalam mengelola suhu,Karena memiliki core lebih sedikit.Suhu tidak cepat naik pada processor Intel dengan cara menurunkan kinerjanya sehingga komponen lainnya menjadi awet  serta irit konsumsi listrik.

2.Kemampuan multimedia yang lebih baik

Disini intel lebih baik dengan tajamnya gambar yang dihasilkan.Untuk mengerjakan aplikasi kantor seperti office Intel jauh lebih cepat dan cocok karena transfer data lebih cepat dan memori lebih banyak.Selain itu dukungan dari para pengembang aplikasi cukup kuat sehingga kinerjanya responsif.

3.Fitur pendingin yang lebih baik dan tidak berisik

Intel sendiri sudah menggunakan heatsink,apa itu heatsink?Heatsink adalah teknologi untuk mengurangi panas dengan komponen berupa aluminium dan tembaga yang dipasangkan di processor  dan di desain untuk mengurai dan menyerap panas.Tidak menggunakan kipas biasa.

4.Brand image

Nilai jual Intel jauh lebih baik jika dibandingkan AMD.Ini membuat anda jika sudah bosan atau sekedar  ingin naik speck gampang menjual lagi laptop Intel anda.

Kekurangan Processor Intel:

1.Harga mahal

Dengan performa yang hampir sama dengan AMD,harga Processor intel relatif sedikit lebih mahal.

2.Lemah untuk 3D dan Gaming

Buat anda yang memilki uang terbatas dan mengiginkan pc atau laptop Gaming Intel bukan pilihan terbaik.Pernah saya bandingkan laptop dengan spec biasa,untuk rendering video hasilnya lag untuk intel dan AMD tetap lancar.

3.Harga servis mahal

Beberapa produk dari Intel memiliki processor dan motherboard yang menyatu Nah jika terjadi kerusakan akan memerlukan biaya servis yang menguras kantong.

Dan jika anda mempertimbangkan processor lain berikut kekurangan dan kelebihan  Processor AMD.



Kelebihan Processor AMD:

1.Harga Lebih murah

Dengan harga yang sama namun jika anda membeli laptop atau PC berprocessor AMD maka anda akan mendapat performa yang lebih baik.Apalagi untuk Gaming atau 3d AMD jauh lebih kuat dan lancar.Sehingga bisa dikatakan amd lebih murah.

2.Bisa mendeteksi virus

Processor AMD tidak akan melakukan proses pada sebuah file atau program  jika mendeteksi sebuah virus dan teknologi yang digunakan bernama Enhanced Virus Protection.


3.Cocok untuk aplikasi 64 bit

Saat ini aplikasi yang berkembang dan banyak digunakan adalah yang berbasis 64 bit dan AMD sangat cocok digunakan dan memiliki performa yang sangat baik saat dijalankan.

4.Kuat dalam grafis

Untuk anda pecinta gaming AMD sangat cocok digunakan karena lebih kuat dan tidak gampang lag,Intel bisa saja menandinginya namun anda harus merogoh kocek lebih dalam.Jadi AMD harga murah namun kuat untuk urusan grafis.

Namun dibalik kelebihannya AMD juga mempunyai beberapa kelemahan:

1.Kurang terkenal

AMD tidak sepopuler Intel jika anda nanti ingin menjual kembali laptop ke orang lain maka akan sedikit kesulitan dengan anggapan AMD gampang panas padahal sebenarnya untuk seri baru-baru tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan Intel.

2.Gampang Panas

Memang iya cepat panas tapi jika dibandingkan dengan Intel bahkan ASUS sendiri yang terkenal dengan laptop Gamingnya sudah menggunakan teknologi Ice Cool untuk mengurangi panas berlebih pada laptop AMDnya.

3.Tidak semua Game cocok atau Kompatibel dengan AMD

Hal ini karena drivernya tidak universal tapi jika pas maka performanya akan lebih baik daripada Intel.


Itulah kekurangan dan kelebihan masing – masing processor Intel dan AMD yang bisa menjadi pertimbangan buat anda yang bingung mencari laptop yang pas.Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan anda,Semoga dapat membantu.