Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Penumpang Pesawat Tidak Diberi Parasut Padahal Minimalkan Korban Jika Kecelakaaan

Saat ini pesawat terbang memang masih di andalkan untuk perjalanan jarak jauh karena kecepatannya,sehingga waktu terpangkas dan cepat sampai tujuan.

Namun pesawat terbang juga tidak luput dari kecelakaan dan jika terjadi sedikit kesalahan di udara maka musibah yang besar akan terjadi.

Banyak di pikiran kita terkadang bertanya kenapa penumpang tidak dikasih parasut saja agar jika terjadi kerusakkan mesin dan pesawat akan jatuh penumpang bisa terjun terlebih dahulu menggunakan parasut agar selamat.

Ternyata pihak maskapai penerbangan sudah memikirkan itu dan berikut alasannya kenapa penumpang pesawat terbang tidak diberi parasut :

1. Tidak semua penumpang punya teknik menggunakan parasut

Bayangkan saja dengan jumlah penumpang yang ads sekitar 200 di dalam pesawat terbang dan tidak punya teknik menggunakan parasut.

Maka jika pesawat mau jatuh maka yang ada adalah kekacauan dimana pramugari melayani satu persatu cara menggunakan parasut.

Selain itu setelah terjun teknik mendarat di bumi menggunakan parasut tidak semudah yang dibayangkan.

2. Ketinggian

Pesawat terbang komersil rata-rata terbang di ketinggian 35.000 dan itu sangat lah tinggi.
Karena terjun di ketinggian seperti itu akan sangat berbahaya bagi tubuh.

# Tekanan udara sangat rendah,jika terjun dari pesawat dengan ketinggian tersebut harus memerlukan banyak alat khusus seperti perlengkapan pernafasan atau tambahan oksigen.

# Udara di ketinggian tersebut sangat dingin dan jika langsung terjun bisa - bisa semua alat indra membeku.
# Tekanan udara dan suhu yang extream bisa merusak paru - paru.

3. Letak pendaratan terjun payung

Jika penerjun payung melakukan aksinya biasanya pilot sudah memberitahukan titik koordinatnya agar saat terjun nanti pada posisi pendaratan yang benar yaitu dilapangan yang tanpa rintangan.

Nah jika pesawat terbang komersil mengalami keadaan darurat seperti mau jatuh maka titik pendaratan
penumpang yang diberi parasut tidak jelas.

Bisa saja nanti penumpang jatuh ke dalam sungai,jurang atau jalan raya atau tersangkut pohon besar di hutan yang sama dengan percuma dan malah menghabiskan banyak biaya dan tetap saja berbahaya.

Nah ternyata pihak perusahaan sangat memikirkan keselamatan penumpangny, jadi jika keadaan darurat atau mengalami kecelakaan percayakan semuanya pada pilot yang masih bisa berpeluang mendaratkan pesawat dalam kondisi darurat.

Jangan lupa berdoa sebelum berangkat.