Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Cruise Control,Solusi Kaki Capek.Tanpa Injak Pedal Gas Mobil Tetap Berjalan Konstan

Saat perjalanan jauh tentunya kita akan menginjak pedal gas cukup lama.

Terlebih jika kita melalui jalan tol,pasti membutuhkan injak pedal gas dengan kecepatan yang  konstan karena jalan bebas hambatan.

Namun jika terlalu lama kaki kanan menginjak gas maka lama-lama pegel juga,maka terlahirlah fitur cruise control yaitu tanpa menginjak pedal gas mobil bisa berjalan dengan kecepatan konstan.

Namun untuk alasan keamanan fitur ini hanya bisa aktif di kecepatan 40 km/jam dan sopir harus memperhatikan kondisi jalan sedang padat atau tidak.
Dengan teknologi seperti itu kaki kanan kita tidak akan capek.

Ada 2 Jenis fitur cruise control,berikut penjelasannya.

1. Adaptive Cruise Control

Ini adalah fitur Cruise Control terbaru dimana setelah cruise control di aktifkan maka mobil akan melaju sesuai dengan kecepatan terakhir namun jika ada mobil di depannya dengan jarak yang cukup dekat maka mobil bisa mengerem/memperlambat laju kendaraan secara  otomatis.

Dan jika jarak dengan kendaraan di depannya sudah cukup jauh maka fitur adaptive cruise control juga  akan menambah gas secara otomatis,jadi sangat keren dan sangat bisa di andalkan untuk perjalanan jauh khusunya lewat jalan tol yang lenggang.

Fitur ini sudah tersemat pada mobil Pajero Sport Dakar.

2. Cruise Control biasa

Nah untuk Cruise Control non Adaptive sedikit berbeda,dimana setelah kita mengaktifkannya maka mobil akan berjalan secara konstan sesuai dengan kecepatan trakhir.

Namun jika ada mobil di depan sudah dekat maka mobil kita tidak akan otomatis  mengerem dan juga tidak bisa menambah kecepatan secara otomatis disaat jalanan didepan kita lenggang jadi sopir tetap harus siap siaga.

Jika kita mengerem otomatis cruise control tidak aktif dan mobil akan kembali dengan control penuh oleh sang driver.

Nah untuk mengaktifkannya cukup dengan menekan tombol cruise control pada bagian kanan lingkar kemudi.

Biasanya fitur ini sudah ada dimobil keluaran terbaru seperti Xpander dan lainnya.

Saya rasa fitur ini sangat pas diterapkan untuk mobil penumpang,mobil keluarga travel  dan truck yang sering dipakai dijalan tol untuk menempuh jarak yang cukup jauh keluar kota.