Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Kaki Rayapan BerLubang Serta Bau Tak Sedap

Bila anda mempunyai penyakit ini pastinya sangat tidak percaya diri saat membuka kaki dari sepatu atau kaos kaki.Karena selain bau tidak sedap juga sangat tidak nyaman untuk dipandang,karena berlubang-lubang,Terlebih lagi jika terkena debu atau kotoran akan lebih menempel dan sulit dihilangkan.


Sebenarnya penyakit ini disebabkan oleh jamur dan bakteri.Hal ini biasanya disebabkan kaki yang sering lembab.Entah karena keringat atau seringnya memakai sepatu serta kaos kaki dalam kondisi kaki yang masih basah.Penyakit Kaki Rayapan atau disebut Pitted Keratolysis tidak menural namun cukup sulit disembuhkan jika terus dibiarkan.


Namun ada beberapa cara untuk menyembuhkan dan menghindari kaki rayapan atau rangen:


1. Pakailah kaos kaki yang terbuat dari bahan katun yang bisa menyerap keringat dengan baik,bila anda melepasnya jangan di taruh didalam sepatu.Gantung atau angin-anginkan.Ganti kaos kaki dengan yang bersih setiap hari.



2. Jangan memakai sepatu yang penggap atau tanpa ventilasi.Pilih sepatu yang terbuat dari kain saja kecuali jika tuntutan kerja harus memakai sepatu pantofel usahakan memilih sepatu dengan model yang berventilasi dan jangan memilih sepatu yang terlalu ketat.Untuk sepatu yang sama jangan memakainya berturut-turut selama 2 hari,jadi harus memiliki sapatu cadangan.Karena sepatu yang sudah dipakai 2 hari biasanya lembab dan perlu dicuci atau dijemur untuk mematikan bakteri.




3. Untuk cara alami anda bisa merendam dengan air garam atau larutan teh hangat,selain air garam mengurangi bau tak sedap kaki rayapan kandungan teh berupa asam tannic juga bisa menghilangkan jamur.


4. Pakai sabun antiseptic yang dicampur dengan air bersih,rendam dan gunakan sikat untuk hasil maksimal membersihkan kotoran yang terperangkap didalam lubang rayapan kaki.


5. Taburkan bedak ke telapak kaki yang terkena rayapan agar selalu kering.


Itulah cara mengobati kaki rayapan atau rangen,jika anda selalu menjaga kebersihan dan selalu memakai alas kaki di tempat yang kotor serta melakukan cara seperti di atas maka kaki anda akan selalu sehat dan percaya diri.Semoga artikel ini bermanfaat dan anda bisa share ke orang terdekat anda.