Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Berdirinya Paypal Dan Sepak Terjangnya

Sejarah Berdirinya Paypal Dan Sepak Terjangnya

Melakukan pembayaran dalam sebuah transaksi jual beli bisa dilakukan secara online dengan menggunakan Paypal. 

Sejarah berdirinya Paypal dan sepak terjangnya sendiri cukup panjang, sebelum akhirnya Paypal menjadi alat pembayaran online yang banyak digunakan di seluruh dunia.


Sejarah Awal Berdirinya Paypal
Pada awalnya, Paypal merupakan sebuah layanan pengiriman dana yang digunakan antara dua Palm Pilot di salah satu negara bagian Amerika Serikat, yaitu California. 

Dua perusahaan pengguna layanan pengiriman dana tersebut adalah Confinity dan X.com.

Confinity merupakan perusahaan yang didirikan oleh Peter Thiel dan Max Levchin pada tahun 1998 sebagai perusahaan perusahaan perantara pembayaran dan penyedia layanan kriptografi.  

Sedangkan X.com adalah perusahaan perencanaan keuangan yang didirikan oleh Elon Musk pada tahun 1999. 

Pada tahun 2000, kedua perusahaan tersebut bergabung dengan menyediakan layanan pembayaran secara online. 

Setelah diakuisisi oleh eBay pada tahun 2002, Paypal resmi menjadi perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa pembayaran secara online melalui surat elektronik.

Sepak Terjang Paypal Di Dunia Bisnis

Mengawali bisnisnya sebagai perusahaan jasa pengiriman keuangan, pada awalnya hanya beberapa perusahaan yang menggunakan jasanya. 

Setelah Paypal mengubah haluan dan mengembangkan bisnisnya dengan melayani pembayaran di situs belanja online, pengguna Paypal melonjak tajam. 

Paypal, semula hanya melayani pengiriman dana antara dua Palm Pilot dengan menggunakan perangkat PDA. 

Gagasan untuk membuat setiap orang membawa PDA dan dompet  digital membuat perusahaan ini mengembangkan bisnisnya menjadi lebih luas lagi.

Pada langkah awalnya, Paypal membidik pembayaran pada sistem jual beli online yang makin marak digunakan. 

Dengan alasan lebih praktis, mudah, dan cepat, Paypal menawarkan layanan pembayaran jual beli online dengan menggunakan dompet digital Paypal.

Gagasan tersebut cukup cemerlang. 

Hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah tahun, pengguna Paypal sudah lebih dari satu juga orang. 

Sejarah berdirinya Paypal dan sepak terjangnya sudah mengantarkan perusahaan ini menjadi perusahaan jasa pembayaran elektronik di hampir semua bidang bisnis.

Paypal Sebagai Alat Pembayaran Online Terbaik

Paypal  sendiri didukung oleh jaringan kuat, yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan pembayaran secara online. 

Jaringan bisnis Paypal sudah merambah ke berbagai bidang kebutuhan masyarakat yang memungkinkan dilakukan pembayaran secara online.

Setelah merangkul berbagai bisnis jual beli online untuk melakukan pembayaran secara online, kini Paypal mulai melangkah lebih jauh ke berbagai jenis bisnis lainnya. 

Gojek merupakan salah satu bisnis transportasi yang pembayarannya akan dilakukan dengan menggunakan jasa perusahaan ini.

Sebagai alat pembayaran elektronik, Paypal memiliki berbagai kelebihan yang menguntungkan, seperti proses pembayaran yang cepat, aman, dan mudah, serta memberikan berbagai diskon menarik. 

Meskipun demikian, Paypal juga memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan.

Melihat sejarah berdirinya Paypal dan sepak terjangnya di berbagai bidang bisnis, tidak heran apabila perusahaan ini menjadi pilihan sebagai alat pembayaran elektronik yang banyak digunakan. 

Mengenai kekurangan yang dimiliki perusahaan ini, haruslah disikapi dengan bijak oleh penggunanya sendiri.