Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kekurangan dan Kelebihan Mobil Harian Tiptronic , Hati - hati Biaya Mahal

Banyak fitur yang disematkan di sebuah mobil untuk memanjakan dan memudahkan mengemudikannya.

Salah satu fitur yang sudah lama dan masih banyak digunakan adalah transmisi tiptronic.

Transmisi ini sebenarnya adalah gabungan antara transmisi otomatis mobil dan manual.

Dan fungsinya memudahkan pengemudi untuk mendapatkan kelebihan dari mobil manual namun dengan cara yang lebih mudah.

Yaitu dengan menggunakan transmisi tiptronic kita bisa mendapatkan sensasi dan akselerasi mobil manual yang cepat tanpa harus menginjak pedal kopling yang membuang energi dan waktu.
Dan apa saja kelebihan dan kekurangan secara lengkapnya simak ulasannya dibawah ini :

Kelebihan transmisi tiptronic :

1. Akselerasi cepat

Putaran bawahnya cukup cepat karena mirip dengan mobil manual dan memasukkan giginya pun tanpa injak kopling sehingga waktu jeda untuk memasukkan gigi tidak ada, sangat efisien.

2. Sudah canggih di atur komputer

Trasmisi tiptronic sudah menggunakan sistem komputer yang canggih, sehingga saat mengemudikan mobil dengan jenis trasmisi ini sangat mudah karena tenaga dan torsinya sudah bisa menyesuaikan sendiri sesuai dengan medan yang kita lalui.

3. Tidak capek

Kelebihan selanjutnya adalah anda akan mendapat performa mobil manual namun cara mengemudikannya tidak perlu mengeluarkan tenaga extra karena tidak perlu injak kopling dan saat memindahkan gigi tinggal main jari saja sagat berbeda dengan tuas mobil manual jadul.


Namun transmisi tiptronic juga memiliki beberapa kelemahan, terlebih jika anda membeli mobil yang bertransmisi tiptronic ini dalam keadaan bekas dan sudah berusia di atas 10 tahun.

Kekurangan transmisi tiptronic 

1. Biaya perawatannya cukup mahal

Dibanding dengan mobil matic biasa biaya perawatan mobil tiptronic lebih mahal.

Hal ini karena spare part yang lebih banyak.

Apalagi jika ada kerusakan biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar sehingga anda harus menyiapkan dana besar untuk proses perbaikkan, jika ekonomi anda terbatas hindari membeli mobil dengan trasmisi tiptronic.

2. Penggunaanya harus pas

Sebenarnya tiptonic biasa dipakai di super car atau mobil balap ya..

Jika anda gunakan untuk harian jangan terlalu sering memakai fitur tiptronic ini, karena dengan menyalakan fitur ini torsi seperti tertahan karena dasarnya mobilnya matic, maka yang terjadi mobil akan cepat rusak dan gampang rewel jika terlalu sering digunakan.

Pergunakan saja di area kemacetan atau menanjak, jangan sering digunakan untuk geber - geber atau senang - senang saja.

3. Harga beli lebih mahal

Akibat lebih banyak part yang dibenamkan di mobil ini membuat harga jualnya mahal, dan anda akan kesulitan menjualnya kembali jika mobil sudah memasuki usia tua, karena jenis transmisi ini manja dan mahal biaya perawatannya.

Itulah kekurangan dan kelebihan mobil yang memakai trasmisi tiptronic.

Usahakan membeli mobil jenis ini dalam kondisi baru atau tahun muda, dan jangan memaksa untuk membelinya jika anda ingin hemat.