Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Motor Honda yang Memakai Rangka eSAF, dan Katanya Mudah Patah

Mengungkap Teknologi Rangka eSAF Honda: Inovasi dan Tantangan


Ketika membicarakan sepeda motor, inovasi tak hanya terbatas pada mesin dan performa, tetapi juga melibatkan bagaimana struktur kendaraan mendukung kenyamanan dan keamanan berkendara. 


Honda, sebagai salah satu pemain utama di industri sepeda motor, terus melakukan pengembangan dalam berbagai aspek teknologi. 



Salah satu inovasi yang menarik perhatian adalah Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). 


Teknologi ini telah diterapkan dalam beberapa model sepeda motor Honda, namun, terdapat beberapa masalah yang perlu dicermati seperti akhir - akhir ini yang sedang viral bahwa rangka ini mudah berkarat, keropos dan patah.


  • Mengenal Rangka eSAF Honda


Rangka eSAF merupakan singkatan dari "enhanced Smart Architecture Frame" yang dalam bahasa Indonesia berarti "Rangka Arsitektur Pintar yang Ditingkatkan". 


Teknologi ini adalah hasil dari pengembangan yang menggabungkan inovasi dan teknik manufaktur canggih. Proses produksi Rangka eSAF dimulai dengan pencetakan plat besi yang dikustomisasi sesuai dengan pola yang diinginkan. 


Setelah itu, plat-plat besi tersebut menjalani proses press dan laser welding, di mana plat-plat tersebut digabungkan menjadi satu rangka yang lebih kokoh dan kuat.


Rangka eSAF dirancang dengan tujuan utama untuk meningkatkan stabilitas handling. 


Hal ini membantu pengendara mengendalikan sepeda motor dengan lebih mudah, bahkan saat melakukan manuver yang kompleks. 


Selain itu, dengan struktur yang lebih canggih dan efisien, sepeda motor yang mengusung teknologi ini menjadi lebih ringan dan nyaman saat digunakan dalam berbagai kondisi jalan.



  • Manfaat Rangka eSAF Honda


Penerapan Rangka eSAF memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi pengendara sepeda motor Honda. 


Pertama, stabilitas yang ditingkatkan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman. Pengendara dapat lebih percaya diri dalam mengatasi tikungan tajam dan situasi bermanuver yang memerlukan kelincahan. 


Kedua, bobot yang lebih ringan dari sepeda motor yang tidak menggunakan Rangka eSAF, sehingga berdampak pada efisiensi bahan bakar dan performa keseluruhan kendaraan.


Daftar Sepeda Motor Honda dengan Rangka eSAF

Berikut adalah beberapa model sepeda motor Honda yang mengusung teknologi Rangka eSAF:

  • Honda Genio 110: Merupakan sepeda motor pertama di dunia yang menggunakan Rangka eSAF. Diluncurkan pada tahun 2019, Genio 110 menunjukkan komitmen Honda terhadap inovasi dalam teknologi rangka.
  • New Honda Genio 110 Ring 12: Sebagai varian terbaru dari Genio 110, model ini juga menggunakan Rangka eSAF. Diluncurkan pada tahun 2022, model ini membawa inovasi lebih lanjut ke dalam desain dan performa.
  • All New Honda BeAT 110 dan BeAT Street: BeAT 110, serta varian BeAT Street, adalah contoh bagaimana teknologi Rangka eSAF diterapkan pada sepeda motor matic yang populer dari Honda.
  • All New Honda Scooopy 110: Scooopy 110 adalah salah satu model yang menggunakan teknologi Rangka eSAF. Dengan basis dari Genio K0J, model ini menghadirkan desain klasik yang ikonik.
  • Honda Vario 160 series (Vario 160 ABS dan Vario 160 CBS): Sebagai model terbaru yang mengadopsi Rangka eSAF, Vario 160 series menunjukkan komitmen Honda untuk terus mengembangkan teknologi rangka yang canggih.



  • Tantangan yang Dihadapi


Meskipun teknologi Rangka eSAF membawa sejumlah manfaat, terdapat pula tantangan yang perlu diatasi.


Beberapa konsumen melaporkan bahwa rangka ini cenderung berkarat dan mudah patah. Ini harusnya menjadi perhatian serius bagi Honda dalam mengembangkan material yang lebih tahan terhadap kondisi lingkungan dan penggunaan sehari-hari.


Rangka eSAF adalah langkah inovatif Honda dalam menghadirkan sepeda motor yang lebih stabil, ringan, dan nyaman untuk pengendara. 


Meskipun terdapat beberapa masalah yang perlu diatasi, upaya untuk terus meningkatkan teknologi ini adalah bukti komitmen Honda dalam memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik kepada konsumen. 


Dengan Rangka eSAF, sepeda motor Honda semakin menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mengutamakan kualitas, performa, dan kenyamanan saat berkendara.


Namun jika anda membeli motor yang sudah menggunakan rangka eSAF sebaiknya segera semprot dengan cat anti karat dan sering - sering mengeceknya karena hanya digaransi selama satu tahun.