Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengganti ban mobil dengan mudah dan aman

    Cara mengganti ban mobil dengan mudah dan aman  

        Memang sangat menyebalkan ketika kita asyik berkendara tiba-tiba ban bocor atau kempes,terlebih lagi jika mengendarai mobil pasti yang ada kita akan menjadi panik.Namun disarankan kita tetap tenang karena itu semua adalah musibah he..he..,berikut cara mengganti ban mobil dengan mudah dan aman.Namun yang pertama  dilakukan ketika kita hendak bepergian adalah jangan lupa selalu mengecek ban dan perlengkapan yang ada dibagasi.Pastikan kunci ban,ban serep,dongkrak,kunci pemutar dongkrak,obeng bolak-balik dan tanda segita pengaman harus siap selalu.Nah berikut yang mesti dilakukan ketika kita mengalami ban kempis saat berkendara menggunakan mobil:

-Ketika ban mobil kita bocor,jangan langsung berhenti mendadak karena berbahaya bisa saja kita tertabrak dari belakang.Nyalakan lampu sein cari tempat terdekat dan longgar usahakan cari tempat yang datar supaya aman saat mendongkrak,jika sudah nyalakan lampu hazard.

-Matikan mesin,lalu jangan lupa naikkan hand rem.Jika kita membawa penumpang diharapkan turun semua untuk mengurangi beban mobil.Lalu pasang segitiga tanda pengaman kurang lebih 2-5 meter didepan dan belakang mobil jika ada kendaraan lain supaya terlihat dan bisa menghindar terlebih lagi saat malam hari. 

-Keluarkan semua peralatan dalam bagasi yang dibutuhkan untuk mengganti ban.

-Taruh ban cadangan dibawah body di dekat titik ban yang kempes,ini buat jaga-jaga jika dongkrak yang kita pasang gagal jadi masih ada ban cadangan untuk menahan jatuhnya body mobil kita.



-Kendurkan sedikit saja semua baut velg menggunakan kunci dengan memutar berlawanan arah jarum jam.Tahap ini baut jangan sampai lepas cukup sedikit dikendurkan.



-Selanjutnya pasang dongkrak dititiknya,biasanya ada tanda atau jika tidak ada bisa dipasang didekat skok mobil.Naikkan mengunakan kunci pemutar dongkrak sampai ban sedikit terangkat.Jangan pernah masuk kekolong mobil karena sangat berbahaya jika dongkrak gagal sewaktu-waktu.


-Lepas semua baut menggunakan kunci velg.Lepaskan ban yang kempis tadi.

-Taruh didekat letak ban cadangan tadi buat jaga-jaga kembali jika dongkrak gagal,ambil ban cadangan dan pasang.

-Kencangkan semua baut dengan memutar searah jarum jam.

-Jika dirasa sudah cukup kencang perlahan-lahan turunkan dongkrak sampai kebawah dengan bebas.

-Kencangkan semua baut sekali lagi dengan sekuat tenaga untuk memastikan baut benar-benar sudah mengikat dengan baik.

-Keluarkan ban yang kempis tadi dari kolong mobil dan masukkan kedalam bagasi mobil.Berikut dongkrak dan peralatan lainnya rapikan dibagasi.

- Setelah semua selesai mobil siap digunakan kembali.

-Segera cari tempat tembel tambal ban mobil terdekat untuk perbaikkan ban yang kempis tadi jika ada waktu luang dan sekalian  dipasangkan kembali.Karena mobil sekarang umumnya mempunyai ban cadangan hanya untuk sementara waktu.Karena velg dan lebar ban lebih tipis dan tidak boleh dipakai diatas kecepatan 80 km/jam karena berbahaya,jadi segera lakukan perbaikkan ban utama yang kempis tadi.

-Kenapa mobil sekarang mempunyai ukuran ban dan velg cadangan lebih kecil?karena dianggap mampu memangkas bobot sehingga mobil lebih enteng,cepat berakselerasi dan lebih hemat BBM.Selain itu dengan ukuran ban dan velg cadangan yang lebih kecil sehingga tidak perlu ruang bagasi yang luas yang bisa dimafaatkan untuk menambah leganya ruang kabin.Akan tetapi dengan ukuran seperti itu tetap aman asal digunakan sesuai petunjuk dari produsen yaitu hanya boleh dibawa dengan kecepatan maksimal 80 km/jam,kecepatan rendah saat menikung dan tidak digunakan dengan jangka waktu yang lama.
            
            Mungkin itu tips dan cara mudah,aman saat mengganti ban mobil yang kempis,semoga artikel ini bermanfaat.Terima kasih banyak dan utamakan selalu safety dijalan.