Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik Indonesia Menggelar Moto Gp 2021 Di Sirkuit Mandalika

       

    Saat ini Moto GP merupakan balapan paling bergengsi di dunia Otomotif selain menyajikan pertarungan dan saling salip antar pembalap juga ditunjang dengan motor prototype super kencang sehingga penonton juga tidak bosan tidak seperti balap mobil Formula 1 dengan biaya mahal tapi membosankan karena minip aksi salip,oleh sebab itu Indonesia terus berupaya menggelar balap Moto GP di Indonesia karena Fans Moto GP di Indonesia sangat banyak.Dan hal ini akan terwujud di Tahun 2021 setelah ditanda tangani kontrak selama tiga tahun oleh pihak Dorna dan akan bertempat di kawasan wisata pulau lombok.Berikut fakta menarik tentang Balap Moto Gp yang akan digelar di Indonesia di 2021:

 a. Balapan akan digelar di sirkuit jalan raya mirip dengan sirkuit di Monaco dan Singapura di ajang Formula  1 namun karena ini balap motor saya rasa batas pengaman dinding akan mempunyai jarak yang lebar karena jika sama persis seperti di monaco dan singapura akan sangat tidak aman bagi rider.

b.Sirkuit Mandalika mempunyai panjang 4,32 km ditambah dengan 18 tikungan akan menyajikan balapan yang seru dan 1 lintasan lurus yang bisa dipacu dengan mengejar top speed.Untuk area Paddock mempunyai sekitar 40 garasi nantinya.Untuk tempat duduk akan berkapasitas 93.200 tempat duduk dan 138.700 tanpa tempat duduk.

c.Ini adalah gelaran kedua Moto GP di Indonesia,dimana tahun 1997 Indonesia juga pernah menggelar ajang sama dimana saat itu Valentino Rossi masih mengikuti kelas 125 cc dan menjadi pemenang.

d.Biaya pembuatan sirkuit ditaksir memerlukan uang sekitar 3.6 triliun dan akan mulai dikerjakan tahun 2019 dan dijadwalakan selesai sekitar bulan juni 2020.

e.Tidak cuma moto GP sirkuit ini akan dipakai juga untuk menggelar ajang balap motor produksi masal yaitu Worl Super Bike.Tentunya kalender liburan akan semakin padat di Indonesia.

f.Valentino Rossi mempunyai banyak sekali fans di Indonesia maupun di Dunia dan jika nantinya masih membalap Rossi merupakan rider satu-satunya yang 2 kali mencicipi balap Moto Gp di Indonesia.Semoga saja masih bisa membalap sesuai dengan nomornya 46 ha...ha...tentu bukan hal mudah karena di usia 46 tahun tergolong tua untuk menjadi pembalap namun dengan penampilan yang kompetitif seperti saat ini saya rasa Fans Inonesia akan bisa menyaksikan langsung Rossi membalap lagi di Indonesia.