Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan kerugian memasang cover rem brembo

Untuk memodifikasi mobil memang tidak ada habisnya setiap waktu ada saja yang baru dan perlu di modifikasi tentunya ini membuat kantong kita bolong,dan akhirnya bagi sebagian pemilik mobil memodifikasinya dengan cara murah.Namun itu berdampak pada safety dari sebuah kendaraan Karena umumnya memodifikasi memerlukan biaya yang mahal dan part yang mahal karena jika menggunakan part murah akan cepat rusak karena tidak sesuai standart.Salah satunya adalah memakai rem brembo,rem brembo umumnya dipakai untuk keperluan balap atau dipasang di kendaraan berkecepatan tinggi.Namun karena modelnya terlihat dari luar sangat bagus dan sporty akhirnya banyak pamilik mobil yang ingin memasanganya,namun banyak juga yang mengurungkan niatnya karena harga seperangkat rem brembo sangat mahal.

Namun banyak produk aftermarket yang menawarkan solusinya,yaitu memakai covernya saja yang dipasang di master rem sehingga tampak dari luar mirip dengan produk brembo asli.Namun memakai cover brembo mempunyai beberapa kelemahannya,berikut kelemahan dan kelebihan memakai cover brembo yang banyak dijual dipasaran:

 Kelebihannya: 

1. Terlihat sangat sporty dan bersih apalagi jika memasang velg berwarna hitam dan jari-jari tipis.
2. Biaya murah karena terbuat dari plastic mungkin hanya sekitar 55 ribu-200 ribu 1 set.
3. Pemasangan mudah hanya perlu di lem atau mengikatnya denga kabel ties atau kawat tipis.

Kekurangannya:

1.Kurang safety karena hanya di ikat dengan lem atau tali sangat mungkin terlepas pada kecepatan   tinggi,bisa-bisa lepas terkena pengendara lain atau velg kita sendiri.
2. Untuk yang dipasang menggunakan lem nantinya akan kesulitan saat mengganti kanvas karena lama-kelamaan lem dan plastic akan meleleh dan menutupi master sehingga sulit untuk dibongkar.
3. Hanya bisa dipasang di velg ukuran ring 16’’ ke atas dan jarak master rem ke jari velg minimal 3cm karena memakai cover brembo akan menambah tebal dan panjang ukuran master rem.

       Mungkin itulah beberapa kekurangan dan kelebihannya memodifikasi mobil memakai cover master rem brembo abal-abal,mungkin hanya cocok untuk mobil kontes untuk mobil harian sangat tidak disarankan.Semoga artikel ini berguna dan terima kasih banyak.