Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara merawat mesin cuci yang baik dan benar

-Saat ini teknologi sudah memasuki banyak kegiatan manusia,dengan begitu pekerjaan jadi lebih mudah dan praktis serta cepat dikerjakan.Seperti hanyal mencuci pakaian,berbeda dengan jaman dulu dimana mencuci pakaian adalah termasuk kegiatan yang berat seperti menyikat,mengucek dan memeras serta basah-basahan hal itu sangat menyita waktu dan tenaga,namun sekarang berkat adanya teknologi mencuci menjadi sangat mudah tinggal pencet tombol-tombol mesin cuci seleseai sudah.Dan agar tetap bekerja maksimal serta awet berikut cara merawat mesin cuci yang baik dan benar:

-Jangan mencuci diluar kapasitas mesin cuci

Setiap mesin cuci mempunyai kapasitas tertentu jika kita memaksakan dengan mencuci pakaian terlalu banyak maka dipastikan hasil cucian tidak terlalu bersih dan mengurangi keawetan motor penggerak karena menerima beban terlalu berat saat bekerja.

-Meletakkan mesin cuci ditempat yang datar

 Dengan meletakkan mesin cuci ditempat yang datar maka saat bekerja mesin tidak akan goyang dan tidak menimbulkan suara bergetar yang keras.

-Tempatkan mesin cuci diruang yang terang dan tidak lembab

Dengan menempatkan mesin cuci diruang yang terang setidaknya tikus tidak mudah bersarang disitu,karena hewan ini entah kenapa suka sekali masuk kedalam bagian mesin bawah mesin cuci dan sering mencabik-cabik kabel-kabel khususnya mesin cuci 2 tabung bukaan atas.Dan usahakan tidak menempatkan diruangan yang lembab karena dapat merusak komponen elektronik dan menimbulkan karat.

  -Cabut aliran listrik jika sudah selesai digunakan

Hal ini bertujuan jika ada kabel yang putus digigit tikus atau bagian elektronik lainnya terkena air bisa terjadi konsleting sewaktu-waktu,apalagi jika tidak ada orang dirumah pasti sangat berbahaya.

-Bersihkan filter yang ada didalam tabung

Disarankan minimal 2 minggu sekali filter dibersihkan,karena serpihan kotoran dan kotoran kecil lainnya akan tersangkut difilter dan dengan cara membersihkannya maka mesin cuci akan bisa terus bekerja secara maksimal.

-Hindarkan modul dan timer terkena siraman air

Modul dan timer jika mesin cuci semi manual,kedua perangkat tersebut sangat rentan jika terkena air,karena didalam modul ada berbagai rangkaian electronik,sedangkan di timer jika sering terkena air bisa menyebabkan macetnya timer dan rusaknya kabel. 

-Taruh beberapa kapur barus disekitar atau dibawah unit mesin cuci

Tikus tidak suka dengan bau kapur barus,dengan menempatkan beberapa kapur barus maka tikus tidak mau bersarang di situ,jadi mesin cuci jauh dari ancaman gigitan tikus serta bau yang tidak sedap dari kotoran tikus.

Mungkin itu beberapa tips agar mesin cuci kita tetap bekerja secara maksimal dan awet sehingga menghemat pengeluaran kita jika tidak sering rusak.