Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Pengusaha Sukses Republik Lele

ionku.com.Banyak jalan menuju sukses dengan berbagai macam jenis usaha,salah satunya adalah beternak.Seperti kisah seorang peternak pembesaran lele dari kota pare kampung inggris ini,beliau adalah H.Akas Alamudin dan yang unik adalah menamai usahanya dengan nama republik lele,dan otomatis mendapat jabatan sebagai presiden Republik Lele...he...he....



Republik lele beralamatkan di jalan asparaga no.21,Tegal Sari tulung rejo Pare Telp.0354-392542,Kediri kebetulan tempat ini juga satu wilayah dengan kampung yang terkenal yaitu Kampung Inggris.

Bapak Akas ini merupakan lulusan sarjana pelayaran yang lulus pada tahun 1971,beliau dikenal ramah dan tidak pelit ilmu jika ada orang maupun instansi atau kelompok yang ingin berkunjung dan belajar beliau ramah dan sangat suka berbagi.Republik lele dimulai saat itu berawal dari 16 kotak kolam saja pada tahun 1981 namun setelah itu berkembang pesat dan pada tahun 1985 beliau memproklamasikan republik lele.Saat ini lebih dari 700 kolam dan 25 karyawan yang siap berproduksi beratus-ratus ton tiap bulannya.


Dengan sistem pemijahan alami yang menurut bapak Akas lebih efektif bisa menghasilkan 50-100 ribu per induk,Namun saat ini dengan terus bertambahnya kolam beliau juga terpaksa harus membeli bibit dari petani lain untuk memenuhi pasar.

Tak sampai disitu saat ini beliau merambah ke peternakan kambing,sapi,bebek,abon lele sampai pupuk kandang.Beliau mengungkapkan ingin beternak sapi tanpa hijauan segar sehingga beliau menciptakan teknologi formulasi pakan dengan biaya rendah.Pakan itu didapat dari limbah pabrik dan pertanian kemudian difermentasi dan hasilnya sangat memuaskan.Dengan memelihara lebih dari 1000 kambing dan sapi maka beliau memproklamasikan Padepokan Ruminansia.

Dan jika berkunjung kesana kolamnya tersebar di berbagai tempat,bahakan beliau juga sering membeli persawahan untuk dibuat kolam lele.