Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Sukses Daihatsu Tidak Banyak Line Up Mobil Tetapi Penjualan Bisa Nomor 2


Memang pabrikan Daihatsu tidak mempunyai line up yang banyak di Indonesia,dibandingkan merk lain,Daihatsu tergolong sedikit memiliki jenis mobil yang dipasarkan di Indonesia.Namun jangan salah,meskipun begitu penjualannya sangat fantastis  bisa menempati urutan 2 di bawah Toyota,peringkat ini tentunya penjualan yang ada di Indonesia bukan secara global.



Kunci sukses Daihatsu adalah jelinya menjawab kebutuhan masyarakat di Indonesia,yaitu dengan menghadirkan produk yang bagus namun berharga murah serta irit bahan bakar.Dan Daihatsu mempunyai RnD yang khusus meriset mobil untuk konsumen Indonesia,bahkan dipabriknya untuk uji coba jalan serta lain-lain mempunyai model 24 tipe jalan yang ada di Indonesia.Lain halnya dengan merk lain membuat mobil secara global dan setelah itu baru memasukkannya ke Indonesia.Hal ini membuat mobil Daihatsu sangat cocok dengan Indonesia terbukti dengan laporan penjualan yang selalu memuaskan.

Dengan penjualan 87.023 unit mobil untuk periode semester 1 bulan Januari-Juni 2019,Dimana 3 model yang paling banyak/laris terjual adalah

Daihatsu Sigra  menyumbang penjualan 26.118 unit 30 persen
Daihatsu Gran Max Pick Up  menyumbang penjualan 16.538 unit 19 persen
Daihatsu Xenia  menyumbang penjualan 12.485 unit 14 persen

Selain itu layanan purna jual ,diler dan bengkelnya cukup banyak di Indonesia hadir sekitar 240 unit yang siap melayani penjualan,spare part dan juga layanan servis termasuk home servis.

Faktor lain adalah brand Daihatsu sudah lama ada di Indonesia sudah sejak tahun 1970 an dimana saat itu PT.Astra Daihatsu Motor diberi hak mengimpor mobil buatan Jepang tersebut,dan selanjutnya di tahun 1976 menjadi distributor tunggal mobil Daihatsu di Indonesia.
Jadi menurut Direktur Pemasaran PT.Astra Daihatsu Motor Ibu Amelia Tjandra membuat mobil tidak cukup hanya 1 atau 2 tahun tapi puluhan tahun.Jadi walupun produk kami tidak banyak,tetapi modelnya cocok untuk pasar Indonesia.


Itulah beberapa rahasia sukses Daihatsu mendapat peringkat penjualan nomor 2 di Indonesia meskipun dengan modal line up atau jenis mobil yang sedikit.