Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang dimaksud Aquarium Aquascape


 ionku.com.Aquascape berbeda dengan aquarium biasa,memang sama-sama untuk memelihara ikan dan juga sama-sama indah untuk dipandang.Saat itu kami mengunjungi sebuah pameran melihat sebuah aquarium yang berbeda denga lainnya,meskipun bentuknya dan ukurannya kecil tapi dengan tatanan sangat indah.Ternyata setelah mengamati dan beberapa kali bertanya kepada penjaga stand,hiasan tumbuhan yang ada didalamnya memang hidup.Sehingga membuat pemandangan semakin alami dan benar-benar sangat indah.


Jadi disini berbedaanya Aquacape adalah vivarium dimana semua jenis makluk hidup dipelihara,jadi tidak cuma ikan saja.Karena didalam Aquascape membentuk ekosistem yang didalamnya terdapat tanaman hidup lainnya seperti,kayu,air,batu,cahaya,udang,kepiting,siput dan macam macam hewan lainnya mayoritas yang dapat hidup di dalam air.





Aquascape merupakan seni dekorasi yang sangat indah untuk dipandang,namun pemilik juga harus memperhatikan dan merawat tanaman yang ada didalamnya,karena merawatnya juga tidak semudah menanam tanaman di tanah biasa.

Bagi anda yang ingin membuat aquascape sendiri berikut bahan - bahan standartnya:

a.Aquarium

Untuk aquarium atau tempatnya aquascape biasanya tidak perlu aquarium yang terlalu besar dan banyak variasi atau desain.Memang hanya membutuhkan aquarium yang sederhana dikarenakan yang ditonjolkan dekorasi yang ada didalamnya dan menambah kesan alami.

b.Lampu UV

Karena tumbuhan untuk hidup harus memerlukan cahaya dan salah satu syarat untuk berfosintesis untuk mendapatkan makanan.

c.Pupuk dan pasir

Berfungsi sebagai penghasil nutrisi untuk tanaman.Untuk pupuk ditabur sebelum pengisisan air pertama dan selanjutnya dilapisi pasir

d.Bebatuan,kayu,pasir hias

Berfungsi sebagai dasar utama dekorasi,tentunya harus memilih dengan nilai seni tinggi atau yang terlihat alami.

e.Diffuser Co2

Karena tumbuhan memerlukan Co2 untuk hidup jadi kita memerlukan alat penambah Co2.

f.Filter

Untuk menyaring air supaya tetap jernih dan sehat karena ekosistem didalamnya memerlukan kandungan air yang bagus untuk hidup.Dan diharuskan membersihkan secara rutin.

g.Tanaman air,ikan,udang warna meksiko,siput turbo dll

Pilih ikan yang kecil seperti jenis neon tetra,guppy dan udang kecil meksiko yang berwarna-warni,karena dengan ukuran yang kecil tidak akan merusak dekorasi tanaman anda atau ekosistem yang ada didalamnya.Jenis tanaman yang dipakai adalah Lilaeopsis,Jaa Fern,Java moss dll jika anda kesulitan anda bisa membelinya di toko Online atau komunitas Aquascape dikota Anda.

Itulah perbedanya dimana aquascape seperti kebun atau taman alami didalam air yang sangat indah yang memiliki nilai seni dan tanaman hidup membentuk ekosistem dengan fauna lainnya.