Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benda Atau Aksesoris Yang Mengganggu Konsentrasi Menyetir

Banyak orang menyetir secara tidak sadar mereka terganggu oleh benda yang terpasang di mobil,memang beberapa ada tujuannya memasang benda tersebut tetapi sebenarnya benda tersebut malah mengganggu fokus menyetir.




Beberapa Accessories yang sering dipasang di mobil dan ternyata hal itu bisa mengganggu konsentrasi menyetir dan menimbulkan bahaya adalah sebagai berikut:

a.Pemasangan stiker yang berlebihan
Banyak sekali mobil-mobil yang dipasangi stiker berlebihan terutama pada bagian kaca,padahal dengan memasang stiker yang terlalu banyak pada kaca mobil akan meghalangi pandangan sekalipun itu stiker kecil.
Baik kaca depan ataupun belakang,Pandangan terhadap kendaraan atau benda lain disekitar mobil akan terganggu.Jika memang berniat memasang stiker usahakan ditempel dibagian kaca paling pinggir saja entah itu bagian depan atau belakang kaca mobil.Dan menurut aturan pemasangan stiker dikaca belakang hanya dibolehkan sekitar 40 persen dari luas kaca mobil belakang tersebut.

b.Hiasan pada dashboard mobil
Untuk amannya dashboard mobil memang harus bebas dari benda- benda,karena bisa saja berbahaya jika terjadi kecelakaan benda bisa terlempar kemana-mana,selain itu juga sangat mengganggu pandangan bagian depan.


Benda yang ditaruh di dashboard mobil juga bisa saja terjatuh ketika mobil melaju,dan jika siang hari benda yang ditaruh di dashboard mobil itu terkena sinar matahari akan memantulkan sinar kekaca yang cukup mengganggu pandangan saat menyetir.

c.Memasang hiasan/parfum gantungan di spion tengah

Banyak sekali parfum atau hiasan gantung untuk mobil yang dijual dipasaran,namun jika anda memasangnya akan sedikit menggangu konsentrasi menyetir.Karena benda yang digantung akan terus bergerak ketika terkena angin dan guncangan mobil.


Selain itu juga mengganggu pandangan depan.Lebih disarankan memasang parfum yang ditempelkan di kisi-kisi ac,selain lebih aman memasang parfum didepan kisi-kisi ac  akan membuat bau wangi lebih cepat menyebar ketika ac mobil dihidupkan.Namun jika anda sudah terlanjur membeli parfum gantung bisa digantungkan dibagian penumpang belakang saja.


d.Pemasangan Universal Arm Rest/console box tengah aftermarket yang tidak tepat

Untuk mobil mewah atau mahal umumnya sudah tersedia arm rest dibagian sopir dan penumpang depan,namun untuk mobil berharga murah khususnya LCGC tentu fitur Arm Rest tidak ada.Karena demi memangkas biaya produksi.


Dan sebagian orang pemilik mobil murah ingin memasang arm rest dengan cara membeli after marketnya.Karena arm rest yang dipasang adalah universal tentu setelah dipasang bisa di adjust atau di atur baik ketinggiannya maupun maju mundurnya.Namun di sebagian merk mobil arm rest baru bisa berfungsi  jika arm rest tersebut di geser paling depan dan minusnya hal itu mengganggu atau menutupi hand rem yang ada dibawahnya.Dan jika kita ingin menarik hand rem secara cepat akan kesulitan tentu hal ini sangat berbahaya ketika kita berada di jalan tanjakan.

e.Pemasangan karpet tambahan yang tidak tepat

.Dengan alasan supaya gampang di bersihkan banyak pemilik mobil memasang karpet tambahan,namun jika membeli dengan kwalitas yang kurang bagus maka akan sering bergeser dan mengganggu pengemudi saat menginjak pedal.Selain kurang nyaman juga sangat berbahaya apabila kaki diposisi pedal terganggu bisa bisa salah injak pedal atau salah perhitungan.




Itulah beberpa benda yang menjadi perhatian jika ingin lebih aman saat menyetir dijalan raya,kerena keselamatan tetap menjadi hal yang paling utama.