Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan Dan Kelebihan Kendaraan Yang Memakai Rem ABS

Saat ini hampir semua motor atau mobil keluaran terbaru mempunyai beberapa pilihan tipe,yaitu yang memakai rem ABS atau yang hanya memakai rem konvensional biasa.Rem ABS adalah rem yang mempunyai system yang membuat roda tidak bisa terkunci dan saat melakukan pengereman mendadak kendaraan masih bisa dikendalikan dan roda masih memiliki grip.Namun yang namanya teknologi apalagi buatan manusia pasti ada kekurangan dan kelebihannya.Jadi untuk anda yang memiliki mobil atau motor yang sudah mempunyai rem ABS harus paham karakter Rem ABS itu sendiri bukan tidak mungkin teknologi tersebut malah akan merugikan penggunanya jika tidak mengerti cara optimal menggunakannya serta merawatnya.


Berikut kekurangan dan kelebihan memiliki kendaraan yang memakai rem ABS:


Kekurangannya:

-Jika terjadi kerusakan biaya perbaikkannya lebih mahal,bahkan jika terjadi kerusakan hanya  pada sensornya saja yang menyala terus/eror bisa memakan biaya minimal jutaan untuk menggantinya(pada mobil).Selain itu sensor juga perlu dirawat seperti pengecekan dan dan kalibrasi ulang yang pasti menambah biaya servis saja.Bahkan sensor bisa terganggu jika terkena air.
-Harga kendaraan lebih mahal karena part yang digunakan lebih banyak.
-Motor/mobil yang memakai rem ABS lebih sulit berhenti(rem bekerja kurang optimal) dijalanan yang tidak rata atau berkerikil,pasir maupun bersalju.
-Untuk melakukan pengereman jarak dekat/pendek lebih sulit.
-Tidak optimal digunakan di lintasan sirkuit,free style atau slalom.Karena pembalap perlu melakukan kuncian roda untuk mengepot maupun late braking pada balap motor.

Namun teknologi rem ABS yang sekarang banyak dipakai di kendaraan terbaru juga mempunyai beberapa kelebihan:

-Rem lebih pakem dan lebih cepat saat digunakan dijalan rata.
-Jika kendaraan melakukan pengereman secara mendadak relatif lebih aman karena roda tidak akan terkunci sehingga roda tetap mendapatkan grip dan kendaraan masih bisa dikendalikan,dibanding rem biasa roda akan terkunci dan kendaraan tidak akan terkendali yang bisa menyebabkan tabrakan dengan kendaraan lain.

Dengan memahami kekurangan dan kelebihan rem ABS(Anti-lock Braking System) kita bisa tau mana yang sesuai dengan kebutuhan kita,mulai dari kondisi jalan yang sering kita lalui dan juga biaya yang harus kita keluarkan jika memilih kendaraan rem ABS,jika tidak memerlukan lebih baik memakai rem biasa saja.