Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Motor Moto GP Tidak Memakai Rem Sistem ABS(Anti-lock Braking System)

Ketika kalian pernah melihat manuver Valentino Rossi dengan hard braking dan late brakingnya untuk menyalip lawannya pasti sangat seru dan deg-degan,dan hal itu mungkin tidak akan terjadi jika memakai rem ABS(Anti-lock Braking System).

Jadi berbeda dengan motor atau mobil yang sekarang sudah menjadi trend memakai rem ABS dan bahkan di beberapa Negara kendaraan dengan cc diatas 125 cc wajib memakai rem ABS dengan alasan kesalamatan dan lebih aman.Meskipun motor-motor Moto GP merupakan motor prototype dengan teknologi tercanggih namun untuk urusan pengereman tidak memakai rem ABS,bukan karena tidak mampu beli rem ABS YA..HE..HE..



Berikut alasannya:

- Regulasi dari pihak Dorna selaku panitia Moto GP memang tidak memperbolehkan adanya perangkat rem ABS di motor Moto GP mungkin karena memang tidak diperlukan dan kompitisi skill rider di adu termasuk skill pengereman.

-Titik pengereman di trek atau sirkuit sudah bisa diprediksi dan juga didalam sirkuit tidak mungkin ada gangguan seperti yang ada dijalan raya umum seperti tukang becak nylonong atau anak kecil lari-lari,kucing nyebrang yang pasti membutuhkan rem ABS untuk mengerem mendadak secara aman.

-Seluruh peserta rider Moto GP adalah pebalap hebat tidak Cuma hebat dijalan lurus atau menikung bahkan untuk skill mengerem sudah pasti jago.Jadi buat apa rem ABS.

-Dengan tidak memakai rem ABS para pebalap bisa melakukan late braking yaitu mengerem di akhir untuk menyalip atau memangkas waktu saat memasuki tikungan.Dengan jarak yang pendek rider akan mengerem sekuat mungkin bahkan sampai roda terkunci yang memerlukan skill tinggi untuk melakukannya.Dan jika memakai rem ABS maka yang terjadi rider akan bablas atau terjatuh tidak bisa mengerem dengan jarak pendek,karena ABS akan mendeteksi baik roda depan atau belakang yang terkunci  selanjutnya sistem akan mengurangi cairan/minyak rem kekaliper dan kampas rem akan melonggar(tidak terkunci secara penuh).

Itulah alasan kenapa di Moto GP dengan dana yang melimpah,motor-motor prototype dengan inovasi yang tiada henti tidak memaki rem ABS.Padahal rem ABS lagi ngetrend untuk keselamatan,keamanan dan nilai jual.Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share di orang-orang terdekat anda.Terima kasih banyak.