Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Mobil Esemka Yang Baru Diresmikan

ionku.com.Setelah sekian lama akhirnya mobil Esemka resmi diproduksi secara masal,dari pabrik produksi di Jawa Tengah mobil ini sebenarnya bukan mobil nasional karena memang murni di miliki swasta(Ungkap Presdir PT.Solo Manufacture Kreasi.Salah satu yang sudah siap dipasarkan dan sudah ada yang memesan adalah jenis pick up.Kemungkinan mobil pick up buatan Esemka ini akan mempunyai harga yang cukup terjangkau sehingga akan meramaikan pasar mobil tanah air yang salah satu pesaingnya adalah gran max.Harga gran max sendiri cukup tinggi sekitar 147 juta dan jika mobil pick up buatan Esemka ini di bandrol di bawah 100 juta kemungkinan akan memiliki pasar tersendiri.






Setelah pickup Esemka Bima rencananya akan ada 3 lagi jenis mobil yang akan diluncurkan.Untuk kelebihannya jenis pick up yang di produksi Esemka ini adalah bak yang lebih luas dan harga lebih murah dan di targetkan bisa digunakan untuk khususnya di pedesaan.Meskipun milik swasta kita patut bangga akhirnya mempunyai mobil produk dalam negeri setelah dulu sempat ada Timor yang cukup bagus kwalitas serta penjualannya.




Mobil pertama yang dijajal Bapak Presiden Jokowidodo adalah jenis pick up yang mempunyai cc 1200,Saat menggelar acara peresmian pabrik Esemka 6/9/2019 di boyolali.Sebenarnya pak Jokowi sudah pernah memakai mobil Esemka Rajawali berjenis SUV saat menjabat sebagai Walikota Solo dan memakainya sebagai mobil dinas.

Sebagai informasi pabrik Esemka disuplai dari beberapa perusahaan dalam negeri untuk proses produksinya:
-Rangka(sasis) dan Tangki bahan bakar
PT.INKA (Persero) perusahaan BUMN yang sebagian besar memang memproduksi di bidang kereta api dipercaya mampu mensuplai sasis dan tangki.
-Dashboard serta roda kemudi
PT.Usra Tampi perusahaan ini memang banyak memproduksi bagian pendukung dari mobil jadi sudah berpengalaman untuk produksi spare part dari kendaraan roda empat.
-Sistem Radiator
PT.Tokyo Radiator Selamat Sempurna pabrik yang memproduksi radiator serta pipa—pipa pada mobil sebagai penyuplai system radiator yang dipakai mobil esemka.
-Kaca mobil esemka
Dipercayakan kepada PT.Armada Agung Indah Glass perusahaan ini juga mempunyai lokasi yang sama yaitu di Jawa Tengah.
-Kaki-kaki terod
Perusahaan yang terletak di Gresik Jawa timur yaitu PT.Indospring yang akan mensuplay per daunnya.
-Block Mesin
Dari PT.Cikarang Perkasa Manufacturing memproduksi bagian mesin dari mobil Esemka ini.
-Bak 
Untuk masalah daya angkut Esemka Bima mempunyai daya angkut yang banyak dan PT.Inka serta Adi Budaya Cipta yang sudah berpengalaman dalam masalah kargo yang akan mensuplainya.

Itulah sekilas informasi tentang mobil Esemka yang baru saja diluncurkan semoga teknologi Indonesia semakin baik serta banyak produk-produk dalam negeri dibuat.Karena Negara maju mampu dan mau memakai produk dalam negeri dengan kwalitas yang baik.