Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-ciri dan kapan timming belt mobil harus segera diganti

Untuk pemilik mobil yang rutin melakukan servis secara berkala,kapan waktunya ganti timing belt bisa dilihat dari km pemakaiannya.Namun tidak semua orang pemilik mobil melakukan servis berkala apalagi di bengkel resmi,jadi pergantian timing belt juga bisa dilhat dari kondisi fisiknya.Memang ada alasan tersendiri terkadang orang malas servis mobil di bengkel resmi,takut mahal atau malas antre.Dan salah satu part yang sangat vital adalah timing belt,karena part ini berfungsi menggerakkan shaft pada valve mesin mobil jika tidak di cek secara rutin takutnya putus sewaktu-waktu dan jika putus mesin mobil akan langsung mati dan yang lebih bahaya lagi klep bisa beradu dengan kepala piston mobil yang menyebabkan kerusakan yang parah.



Selain memerlukan waktu yang banyak juga biaya servis yang dikeluarkan lebih besar karena harus turun mesin dan mengganti banyak part mobil sperti katup dan piston.

Untuk mendeteksinya secara mudah yang bisa anda lakukan:

-Suara mesin bising.
-Turunnya performa atau tenaga pada rpm tinggi.
-Mesin macet atau mati
-Bisa juga terdeteksi dari warna asap knalpot yang hitam karena katup/valve tidak bisa bekerja dengan baik.
-Lakukan servis berkala di kelipatan 20.000 km untuk membuka dan mengeceknya lebih sedikit dari kilometer tersebut lebih baik karena saat kendaraan berhenti dan mesin tetap menyala tidak masuk oddo kilometer.

Dan jika anda membuka dan melihat secra fisik bisa di cek secara langsung.

Berikut Ciri-ciri dan kapan  timming belt mobil harus segera diganti :

-Timing belt sudah mulai kendur karena sifat karet yang elastis dan termakan oleh waktu bahaya jika kendur bisa terlepas.
-Bahan karet sudah getas karena termakan usia dan jika sudah getas lebih mudah putus.
-Sudah tipis dan timbul retakan.Karena terus bergerak dan bergesek maka timing belt bisa tergerus dan tipis setelahnya bisa timbul retakan.
-Gerigi ada yang hilang dan aus.Ini sangat berbahaya karena membuat kinerja katup tidak maksimal karena gigi untuk memutar shaft ada yang hilang.

Itulah ciri-ciri dan kapan waktunya timming belt pada mobil harus segera diganti.Ini berlaku untuk mobil anda yang memakai timming belt,karena sebagian mobil memakai chain dan roda gigi yang lebih awet tapi berisik dan berbahaya diputaran tinggi semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share informasi bermanfaat.