Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resiko Membeli Mobil Bekas Yang Jarang Dipakai


Banyak masyarakat jika ingin membeli mobil bekas pasti berpatokan pada kilometer yang rendah,dalam artian konsumen beranggapan bahwa kilometer yang rendah mobil pasti prima.Padahal kilometer yang ada pada mobil bisa saja direset.

Boleh saja kita beranggapan bahwa jika membeli mobil bekas dengan kilometer rendah pasti kondisi mobil masih bagus,namun untuk memastikannya kita bisa saja membawa orang bengkel untuk mengeceknya karena mobil bekas kilometer rendah otomatis jarang dipakai.Dan mobil bekas yang jarang dipakai juga mempunyai resiko kerusakan,berikut yang mesti anda perhatikan dan kerusakan mobil bekas yang jarang dipakai:

*Aki/Baterai
Aki mobil yang jarang dipakai lebih gampang soak,karena tidak ada siklus pengisian ulang yang sering bekerja karena mesin mobil jarang menyala.Selain itu juga bisa saja saat mobil keadaan mati terlalu lama namun aki tetap bekerja mengaliri arus listrik tanpa adanya siklus pengisian ulang.Misalnya alarm tetap hidup saat mesin mobil mati.

*Kaki-kaki
Mobil yang jarang sekali dipakai untuk jalan menyebabkan roda dan bearing gampang rusak.Karena beban akan bertumpu pada satu sisi saja,dan jika terus terjadi maka gejala yang timbul seperti tekanan angin pada ban cepat berkurang,karet roda retak-retak,ada bunyi-bunyian pada bearing roda.

*Rem
Dengan posisi mobil berhenti terlalu lama dan biasanya kebanyakan orang akan tetap mengatifkan rem tangan maka rem akan tetap lengket dalam waktu yang lama.Dengan kondisi seperti itu yang terlalu lama maka bagian rem juga bisa mengalami kerusakan.

*Mesin
Untuk mobil yang jarang dipakai terlebih lagi sering telat ganti oli.Maka oli akan mengendap kental seperti lumpur dan jika mesin dinyalakan otomatis oli tidak dapat bekerja dengan cepat untuk melumasi bagian-bagian kecil pada mesin dan menyebabkan banyak ke ausan pada part mesin.

*Karet Wiper
Karet wiper akan lebih cepat getas jika jarang dipakai,dan bisa saja menggores kaca mobil saat dinyalakan.Tentunya juga akan menghabiskan banyak biaya untuk repair bagian kacanya.

*Tangki
Untuk bagian tangki bisa saja berkarat jika mobil jarang dipakai dan tangki tidak penuh bahan bakar.Dan perlu diperhatikan juga jangan sampai tangki terlalu sering kosong atau sedikit bahan bakar karena pompa bensin akan bekerja lebih extra dan bisa menyebabkan kerusakan pada pompa bensinya.

Itulah sedikit tips untuk anda yang akan membeli mobil bekas yang jarang dipakai,tidak semua mobil yang jarang dipakai itu bagus atau dalam kondisi prima,semoga bermanfaat.