Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Setrum Listrik,Keuntungan Dan Kerugian Memakai Rangka Atap Baja Ringan Pada Bangunan


Saat ini sedang lagi trend orang membangun rumah menggunakan atap baja ringan atau galvalum.Sepintas memang ringkas dan bersih serta minimalis.Disamping harga kayu yang semakin mahal pengerjaanya pun juga cepat.Namun perlu anda ketahui bahwa membuat rumah menggunakan atap baja ringan juga memiliki kelemahan.Berikut Keuntungan Dan Kerugian Memakai Rangka Atap Baja Ringan Pada Bangunan :

Keuntungan

*Awet

Dibanding kayu baja ringan lebih awet,karena material tidak bisa berkarat ataupun keropos.Sangat berbeda jika kita menggunakan kayu pasti rawan dimakan rayap atau keropos,dan rusak ketika terkena tetesan air dengan waktu yang lama.Kalaupun menggunakan besi biasa meskipun sudah di cat namun dengan kondisi cuaca yang tidak menentu bisa saja berkarat.

*Ringan

Dengan bobot yang ringan kurang lebih hanya 9 kilogram per meter persegi,sehingga memudahkan tukang kita untuk mengerjakannya sehingga lebih hemat waktu dan biaya.Meskipun ringan tetapi cukup kuat dan tidak bisa menyusut atau memuai.

*Mudah dibentuk

Dengan karakter yang flexible sehingga jika kita ingin mendesaian atap yang unik dan cukup rumit baja ringan mudah di aplikasikan.Selain itu menyambungnya pun juga cukup mudah hanya perlu skrup,keling atau di las.

*Dapat digunakan kembali

Berbeda dengan kayu jika dibongkar pasti akan patah atau rusak,baja ringan jika dilepas sangat mudah dan rangkanya bisa digunakan kembali untuk keperluan lainnya.


Dan tentu saja baja ringan juga banyak kekurangannya,jadi rencanakan dengan matang sebelum membangun apakah menggunakan kayu,besi atau baja ringan,berikut kekurangannya jika kita memakai baja ringan:

Kerugian

*Bahaya Setrum Listrik

Baru-baru ini banyak kejadian entah tukang atau penghuni tersengat aliran listrik,dan penyebabnya adalah baja ringan yang terkena aliran listrik kemudian mengalir ke baja yang lain dan mengenai orang.Memang sifat baja ringan ini adalah sebagai konduktor yang baik,jadi bagi anda yang memakai atap baja ringan sebaiknya berhati-hati pastikan tidak ada kabel yang tersentuh baja saat pengerjaan.Dan saat sudah selesai sebaiknya seluruh kabel dimasukkan ke pipa paralon karena untuk berjaga-jaga jika kabel sudah jelek atau terkelupas digigit tikus tetap aman tidak nyetrum kemana-mana melewati atap baja ringan.

*Harga relatif mahal

Untuk pengerjaannya memang cepat dan mudah,namun untuk hitungan biaya menggunakan atap baja ringan yang baik mempunyai harga yang mahal.Jangan pernah menggunakan merk jelek karena bisa berbahaya gampang runtuh.

*Tidak kuat menahan beban

Ini bisa menjadi masalah jika perhitungannya tidak matang,bahaya atap roboh sewaktu-waktu bisa terjadi.Jadi pengerjaanya harus benar-benar teliti jika ragu labih baik pakai material kayu saja.

*Tampilan tidak indah

Jika memakai atap baja ringan pada rumah memasang plavon adalah suatu kewajiban,jika dibiarkan terbuka maka sangat tidak enak dipandang.Berbeda dengan kayu masih ada unsur arsitektur dan seni yang masih enak dipandang.

*Mudah terbang

Dengan bobot yang ringan jika terjadi bencana seperti angin kencang maka menggunakan rangka baja ringan sangat beresiko.Atap bisa saja terbang dengan mudah terbawa angin karena bobot tidak cukup kuat bertahan.


Itulah Keuntungan Dan Kerugian Memakai Rangka Atap Baja Ringan Pada Bangunan semoga dengan tips di atas anda bisa mempertimbangkan memilih material yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.Terima kasih.