Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Khusus Kenapa Mobil Super Car Menempatkan Mesin Dibelakang

Tujuan Khusus Kenapa Mobil Super Car Mesin Dibelakang


Mungkin sebagian dari kita pernah penasaran mengapa mesin mobil-mobil super car diletakkan di belakang.Berbeda dengan mobil sedan atau lainnya.
Ternyata meletakkan bagian mesin mobil dibelakang mempunyai tujuan khusus dimana super car di buat dengan tujuan mencari speed yang tinggi.
Makanya hampir semua mobil super car bagian depannya adalah bagasi barang ya meskipun sebagian meletakkan mesinnya ditengah tapi cenderung dibelakang.
Nah berikut   Tujuan Khusus Kenapa Mobil Super Car Mesin Dibelakang :

*Lebih aman jika terjadi tabrakan
Dengan sedikit ruang kosong di bagian depan maka jika terjadi kecelakaan akan lebih banyak meredam selain itu juga karena mobil super car berkecepatan tinggi jika terjadi kecelakaan mesin lebih aman tidak terkena imbas kecelakaan karena mayoritas kecelakaan mobil ada di bagian depan dan jika terjadi seperti itu harga mesin super car sangat mahal.


*Traksi lebih baik
Dengan bobot yang lebih seimbang dengan menempatkan mesin dibelakang atau ditengah membuat traksi ban roda bagian belakang lebih baik sehingga akselerasi lebih baik.

*Lebih aman untuk menikung
Tidak mudah undesteer  saat melahap  tikungan.Ini penting karena super car diciptakan untuk memburu kecepatan tinggi baik di jalan lurus maupun tikungan.

*Lebih ringan dan ringkas
Kebanyakan mengandalkan penggerak roda belakang,dengan menempatkan mesin di belakang sehingga tidak memerlukan part seperti as gardan yang membuat bobot lebih ringan dan tenaga tidak hilang.
Selain itu tenaga bisa langsung tersalurkan ke roda,berbeda jika menggunakan gardan maka tenaga sedikit hilang karena untuk memutar poros gardan terlebih dahulu.
Penempatan knalpot juga gampang dan tidak memerlukan part yang panjang yang mengurangi bobot.


Namun dengan menempatkan mesin dibagian belakang juga sedikit memiliki kekurangan seperti masalah asupan udara yang tidak sesegar mesin depan karena tertutup body mobil.Makanya jika kita melihat desain super car pasti ada lubang besar disisi kanan dan kiri bagian belakang yang cukup besar berfungsi sebagai udara masuk untuk proses pembakaran dan juga membantu sirkulasi udara.
Itulah alasan mengapa mesin super car diletakkan dibelakang yang jelas tujuan utamanya adalah handling dan speed karena super car dibuat untuk berakselerasi kencang dan melibas di tikungan cepat.Sekian dan terima kasih.