Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Atasi AC Mobil Yang Kurang Dingin









AC mobil tentunya saat ini merupakan bagian yang cukup vital,selain menolong anda dari kepanasan saat bermacet-macetan dijalan juga membantu anda saat hujan.Dengan AC mobil maka embun dikaca mobil saat sedang hujan akan hilang sehingga pandangan anda saat mengemudi menjadi jelas,bayangkan jika anda mengemudi dalam keadaan kaca berembun pastinya sangat menganggu dan berbahaya.

Namun bagian AC mobil juga harus dirawat agar berfungsi dengan baik.Jika tidak maka akan timbul kerusakan ditandai dengan tidak dinginya temperatur kabin mobil atau hanya keluar angin saja.Biasanya kerusakan yang terjadi pada AC memerlukan biaya perbaikkan yang cukup besar,namun ada cara yang cukup mudah dan murah yang patut anda coba sebelum di vonis rusak parah dan harus dibawa ke bengkel.

Caranya yaitu dengan menyemprotkan AC cleaner kebagian blower dan kisi-kisi AC,saya sendiri mempunyai pengalaman pribadi ketika AC mobil saya tidak dingin dan hanya keluar angin saja.Dengan disemprotkan AC cleaner alhamdulillah sekarang AC mobil saya dingin kembali.
Harganya cukup murah hanya 50-90 ribu dan banyak dijual ditoko onderdil mobil ataupun toko online.

Berikut cara mudah dan murah untuk mengatasi AC mobil yang kurang dingin :

* Buka pada bagian blower AC anda,biasanya terletak dibelakang laci dibawah dashboard bagian kiri.
* Bersihkan filter atau ganti bagi mobil anda yang sudah terpasang filter AC,Bagi yang belum tidak apa-apa cukup buka bagian blower saja.

* Selanjutnya nyalakan blower dengan cara memutar on kunci mobil anda dan set blower pada bagian paling kencang.(mesin mobil tidak dinyalakan).
* Dengan kondisi blower menyala semprotkan AC cleaner secukupnya,kocok sebelum disemprotkan.
* Semprotkan dengan selang kecil agar tidak meluber kemana-mana,semprotkan setidaknya 4 kali agar hasil maksimal.
* Tunggu blower menyala sampai 5-10 menit.
* Jika sudah matikan blower dan pasang kembali penutupnya.


* Semprotkan lagi pada bagian semua kisi – kisi AC mobil dan kisi – kisi udara kabin.





* Semprotkan yang banyak tidak apa-apa.
* Diamkan 5-10 menit.
* Jika sudah nyalakan mesin mobil,blower dan AC set di angka yang paling tinggi biarkan menyalan 5-10 menit.
* Jika tidak ada perubahan matikan semuanya dan tunggu besoknya dan nyalakan mobil serta ac dan blower,karena pengalaman saya baru 1 hari berikutnya AC kembali dingin.
* Namun jika tetap tidak ada perubahan maka anda harus membawa ke bengkel AC,bisa jadi kompresor atau saluran yang buntu dan lainnya yang bermasalah.

Mungkin itulah cara yang murah dan mudah agar AC mobil anda kembali dingin sebelum membawa mobil anda ke bengkel.