Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan Dan Kelebihan Nissan Grand livina Model Lama

Kekurangan Dan Kelebihan Nissan Grand livina Model Lama

Saat ini produsen Nissan sedang dirundung masalah besar dimana perusahaan terus mengalami penurunan penjualan dan mau tidak mau haarus melakukan banyak efisiensi.Grand livina yang dulunya menjadi tulang punggung kini sudah tidak diminati masyarakat,bahkan model terbarunya yang menggunakan sasis dan model yang sama dengan Xpander tidak terlalu laku dipasar otomotif Indonesia.



Untuk harga bekasnya sendiri jika kita lihat di group jual beli mobil online harganya cenderung sangat murah dan sulit untuk dijual kembali.Memang dulu sempat laris mungkin karena pihak nissan telat untuk memperbaharui jadi kalah saing dengan cepat.Sebenarnya mobil ini ternyaman dikelasnya dengan handling dan suspensi layaknya sebuah sedan,lalu kenapa Livina tidak laku dan orang Indonesia sedikit ragu membelinya.

Berikut Kekurangan Dan Kelebihan Nissan Grand livina Model Lama :

# Kekurangan Nissan Grand livina Model Lama
1. Ground clearance rendah
Mobil dengan Ground clearance rendah memang bagus dari segi tampilan,lihat saja produk Honda seperti Jazz dan brio yang mempunyai Ground Clearance yang rendah pasti enak dilihat dan nyaman saat dikendarai di kecepatan tinggi dijalanan mulus.Namun konsep Livina itu kan mobil keluarga maka akan sering bermuatan penuh dan tidak bisa melibas banjir dan jalanan yang jelek dengan baik sehingga daya jelajah dan fungsionalnya kurang tidak sesuai dengan konsep mpv keluarga.

2. Spare part mahal
Untuk ini tergantung dari pemakainya juga,mungkin dari sebagian orang yang dompetnya tebal tidak menjadi masalah.Namun untuk pengguna yang sudah merasakan memiliki mobil lain seperti avansa maka harga spare part livina cenderung lebih mahal.

3. AC belum double blower
Tidak menjadi masalah jika mobil sering hanya di isi oleh 2 orang saja,namun lagi-lagi konsep mobil grand livina adalah mobil keluarga sejatinya akan sering mengangkut banyak penumpang sampai baris ketiga.Jika tidak double blower maka hawa Ac akan lambat sampai baris ketiga,kalupun sampai mungkin penumpang kursi depan dan sopirnya sudah beku terlebih dahulu.

4. Belum ada kunci immobilizer
Apakah fitur ini penting?Jawabnya saat ini adalah iya,ditengah ekonomi yang sedang lesu akibat pandemic virus covid -19 banyak kejahatan dimana – mana jika kunci mobil belum dilengkapi dengan immobilizer maka akan mudah dicuri dengan membuat kunci duplikat di tukang kunci yang biayanya tidak sampai 20 ribu.Namun jika ada immobilizer pencuri akan kesulitan menduplikatnya karena kuci dilengkapi dengan chip yang sudah disesuaikan dengan mesin.

5. Terlalu banyak sensor
Grand livina memiliki lebih banyak fitur sehingga sensornya juga lebih banyak dibanding sekelasnya,namun jika ada kerusakan maka harga perbaikkanya mahal dan sensornya juga sering bermasalah.

6. Berpenggerak depan
Sebenarnya penggerak depan lebih efisien karena lebih sedikit part dan suara labih halus,namun kaki – kaki khususnya bagian depan jadi ringkih.Dan karena kelasnya mpv yang sering digunakan untuk muatan penuh saya rasa penggerak roda belakang dengan gardannya akan jauh lebih kuat.Ada feeling tersendiri jika mobil ini untuk digunakan ditanjakkan curam,karena penggerak roda depan kurang optimal untuk tanjakkan terlebih beban yang berat,selain itu memang mesinnya lemot dan bisa nggelitik jika digunakan di tanjakkan curam.Ini juga menjadi alasan kenapa Avansa lebih laris karena sudah menggunakan gardan belakang.

7. Harga bekas jatuh
Dengan berbagai alasan seperti di atas harga bekasnya cenderung tidak pasaran,bisa di cek jual beli online.Harga bekasnya sangat jatuh.

# Kelebihan Nissan Grand livina Model Lama
1. Harga murah
Ini berlaku jika anda membeli grand livina bekas,dengan uang tidak sampai 90 juta anda bisa mendapat mpv 7 penumpang dengan tampilan elegan,suspensi empuk dan naikkan nyaman,handling mantap.

2. Plat Body tebal
Memang plat grand livina lebih tebal dan membuat mobil ini lebih stabil dan tidak ringkih seperti LCGC yang dilihat belum dipegang saja sudah ketahuan tipisnya.

3. Tampilan elegan exterior maupun interior
Dengan desain yang sedikit berbau eropa grand livina sedap dipandang,ditambah dengan body yang ceper membuat tampilannya memukau.Kita tahu mobil yang ceper lebih ganteng jika dilihat.Bagian dalamnya pun juga cukup mewah,lebih baik ketimbang kompetitornya.

4. Handling mantap
Dengan suspensi yang empuk serta body yang ceper membuat livina mempunyai handling yang baik,tidak limbung dikecepatan tinggi namun cukup empuk senyaman sedan saat mengantam lubang kecil.Bahkan saya cukup heran dimana sirion saya disalip di jalan yang cukup hancur dengan mudahnya padahal mobilnya sudah di modif lebih ceper lagi.

5.  Trasmisi dan akselerasi cukup baik
Untuk tarikan awalnya juga cukup responsif selain itu perpindahan giginya juga lembut sehingga sangat nyaman dikendarai.
Itulah Kekurangan Dan Kelebihan Nissan Grand livina Model Lama,yang mempunyai model yang itu –itu saja yang sekarang sudah berubah total sepert xpander.

Mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang akan meminangya,semua mobil ada kekurangan dan kelebihannya jadi tentukan pilihan terbaik anda.