Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan Kelebihan Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung


Saat ini  mesin cuci sudah menjadi kebutuhan utama rumah tangga,hampir sudah tidak ada lagi orang mencuci mengucek seperti orang jaman dulu.

Bahkan bisnis laundry dan binatu manjamur dan laris semua.
Kegiatan mobilitas dan waktu yang padat membuat orang mengiginkan sebuah kepraktisan.

Jika anggaran untuk loundry bisa dibilang cukup mahal maka beberapa orang lebih baik membeli mesin cuci saja.Selain lebih hemat juga lebih praktis.

Mesin cuci yang umum dijual ada 2 jenis yaitu 1 tabung dan 2 tabung.Jika anda mau membelinya pikirkan matang matang.

Dan jika anda masih bingung,berikut ionku.com merangkum kekurangan dan kelebihannya masing – masing.

Mesin cuci 1 tabung
Kekurangan
1. Harga mahal
Dengan segala kelebihannya memang harga mesin cuci 1 tabung cenderung mahal dan jika anda mengiginkan merk yang awet dan tahan lama harganya di atas 4 juta.Karena mesin cuci 1 tabung memiliki sistem otomatis yang sangat efisiensi waktu.
Tinggal masukkan baju kotor maka mulai dari pengisian air,pencucian,pembilasan dan pengeringan akan bekerja secara otomatis.Karena banyak teknologi otomatisnya membuat harga jualnya mahal.

2.Tidak awet
Untuk modulnya sering mengalami masalah dan biaya perbaikinya cukup mahal.Biasanya perbaikinya hanya sekedar dibersihkan dan jika sudah rusak tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan harga yang mahal.
Selain itu hanya terdapat 1 motor penggerak saja yang harus dipaksa terus bekerja yang membuatnya tidak seawet mesin cuci 2 tabung.

3.Boros listrik
Dengan segala kecanggihannya yang memerlukan daya berlebih dan anda harus siap dengan tagihan listrik yang membengkak.

4.Jika rusak tidak bisa digunakan sama sekali
Karena 1 tabung otomatis pencucian dan pengeringan jadi 1.Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung kalaupun salah 2 rusak masih bisa dipakai
Misalkan pencucinya rusak minimal pengeringnya masih bisa dipakai.

5.Tidak bisa menambahkan baju saat mesin sedang bekerja
Ketika ada baju yang ketinggalan tidak bisa disusulkan.Berbeda dengan mesin cuci 2 tabung,dalam keadaan menyala bisa menambahkan baju.

6.Harga spare part mahal dan sulit
Sangat berbeda dengan mesin cuci 2 tabung karena spare part banyak dan bisa disubtitusi.Sedangkan mesin cuci 1 tabung anda akan kesulitan mencari spare partnya kalaupun ada anda harus menebus dengan harga yang mahal.

7.Pengisian air harus melalui selang dan saluran yang tersedia
Karena berjalan otomatis kita tidak bisa menambahkan air melalui ember seperti mesin 2 tabung.Mau tidak mau anda harus punya tandon air ini terjadi jika dalam keadaan tertentu seperti pompa air anda sedang rusak.

Kelebihan
1.Praktis dan efisien
Kita tidak perlu capek-capek memindahkan dari tabung pencucian ke pengering.Tinggal masukkan baju isi air dan bisa di tinggal.Otomatis nantinya mesin cuci akan bekerja mulai dari mencuci,kuras air,isi air bilas hingga pengeringan.Untuk ibu rumah tangga ini sangat membantu bisa ditinggal ke pasar balik rumah tinggal jemur saja.

2.Tingkat pengeringan lebih baik
Dibanding dengan mesin cuci 2 tabung,mesin cuci 1 tabung mempunyai 20 persen lebih baik dalam hal pengeringan sehingga tidak memerlukan waktu yang lama menunggu baju kering.

3.Hemat air
Mesin cuci 1 tabung secara otomatis menghentikan jumlah air yang masuk ketika volume air sudah tercukupi untuk melakukan pencucian sehingga mampu menghemat air dan listrik anda.

4.Desain mewah dan tidak makan tempat
Dengan harga yang mahal anda mendapatkan produk yang stylish dan karena memakai 1 tabung sehingga ukurannya pun lebih kecil jika dibandingkan mesin cuci 2 tabung dengan kapasitas yang sama.

Selanjutnya jika anda memilih mesin cuci 2 tabung anda juga bisa menyimak kekurangan dan kelebihannya.

Mesin cuci 2 tabung
Kekurangan
1.Tidak hemat waktu
Karena mesin cuci 2 tabung memang semi manual.Anda harus mengontrol saat mengisi air.Selain itu juga anda harus repot memindahkan dari tabung pencucian ke tabung pengeringan saat proses pengeringan.
2.Desain biasa dan memakan tempat
Untuk kapasitas kecil saja desainya tampak dari luar sangat besar.Untuk anda yang tinggal di rumah minimalis dan apartemen mesin cuci 2 tabung kurang cocok.

3.Boros air
Kita tidak bisa mengira ukuran yang pas untuk kebutuhan mencuci.Sehingga bisa saja kelebihan air karena control manual.

4.Pengeringan kurang maksimal
Hasil yang didapat memang masih sedikit dibawah mesin 1 tabung.Selain itu juga jika tabung pengering kelebihan beban maka putaran  tidak bisa maksimal bahkan timbul suara glodakan.Jika beban berlebih lama kelamaan motor akan cepat rusak. 

Kelebihan
1.Harga murah
Dengan uang 1.2 juta anda sudah mendapatkan mesin cuci merk ternama dan barang baru bukan bekas.Pastinya akan lebih value for money.

2.Awet dan Spare part banyak
Ini mungkin yang paling menjadi pertimbangan ibu ibu rumah tangga.Dengan barang yang awet jika ada kerusakan juga gampang diperbaiki.Spare partnya pun juga melimpah tidak perlu tukang khusus sehingga uang belanja tetap aman.

3.Jika ada baju tertinggal bisa langsung membukanya dan disusulkan.

4.Masih bisa dipakai jika salah 1 tabung rusak.
Ini cukup membantu jika salah 1 tabung rusak tabung lainnya masih bisa dipakai minimal tidak perlu mengucek atau memeras salah satu masih bisa dipakai.

Itulah kekurangan dan kelebihan masing-masing mesin cuci.
Sesuaikan kebutuhan dan keuangan anda.Jangan ikut ikutan trend jika uang anda terbatas prioritaskan kebutuhan.