Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kampas Kopling Mobil Anda Habis,Berikut Tanda-tandanya

Kampas Kopling Mobil Anda Habis,Berikut Tanda-tandanya
Mobil saat ini memang sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian kalangan masyarakat.Mobilitas yang tinggi ditambah jadwal yang padat dan rapat membuat sebagian orang memilih menggunakan mobil.

Selain bisa mengangkut banyak barang keperluan anda jika menginap atau perjalanan keluar kota,menggunakan mobil juga membuat tubuh anda tidak cepat lelah dibanding menggunakan motor.Bahkan bisa digunakan untuk istirahat beberapa saat diperjalanan.

Namun anda juga harus tetap memperhatikan perawatan dan spare part mobil agar mobil anda bisa terus berfungsi dengan normal.

Salah satu Spare part  yang sangat penting di mobil anda adalah kampas kopling.Karena mobil anda tidak akan bisa melaju dengan maksimal jika kampas kopling  habis.

Berikut tanda – tanda jika kampas kopling mobil anda sudah aus dan waktunya diganti :

Tenaga lemot,akselerasi jauh berkurang.
Saat di gas tenaga akan ngempos bahkan di rpm tinggi sekalipun,dalam kondisi jalanan menanjak mesin akan meraung bahkan mesin mobil bisa mati.Ini akibat plat kopling sudah aus sehingga tenaga putaran mesin tidak tersalurkan dengan sempurna.
Bahkan pengalaman teman saya waktu itu mengendarai mobil taruna,dibuat menanjak diparkiran saja sudah meraung sekali mesinnya mirip mesin mobil diesel.Setelah itu dipaksa dibuat mudik ke jalur pegunungan alhasil mobilnya mogok beberapa kali.Jadi jika mobil anda mempunyai ciri-ciri seperti itu jangan sekali-kali di bawa kejalur pegunungan akan sangat berbahaya terlebih lagi jika jalanan macet.
Timbul bau gosong di dalam kabin.
Jika mobil anda dibuat menanjak sedikit saja dan timbul bau aneh padahal anda tidak selalu memainkan setengah kopling.Maka bisa jadi kampas kopling mobil anda sudah mulai habis.Baunya sih mirip karet yang dibakar,kalau terlalu sering tercium bau seperti itu dijalanan yang sedikit menanjak maka bisa dipastikan kampas kopling mobil anda sudah mulai habis.

Rpm tinggi meskipun berjalan pelan.
Dengan permukaan yang licin otomatis mesin akan bekerja lebih berat.

Bahkan untuk jalan pelan saja memerlukan rpm yang tinggi dan membuat suhu mesin menjadi tinggi dan jika dibiarkan terus menerus akan merusak part lainnya.

Perpindahan gigi kasar
Jika mesin sudah panas maka perpindahan gigi cenderung sedikit kasar dan tidak nyaman.
Hal ini membuat pengemudi harus lebih berkonsentrasi saat perjalanan.

Kopling sering selip
Setelah perpindahan gigi yang kasar,kini saat anda melepas kopling akan sedikit selip dan membuat tidak nyaman,bahkan bisa mengagetkan dan timbul suara gemuruh.

Jarak kopling menjadi pendek.
Jika di ukur dari lantai jaraknya lebih pendek,dan anda akan lebih kesulitan membawa mobil dengan halus.

Itulah tanda-tanda kampas kopling yang habis dan anda perlu waspada.Karena tarikan  mobil akan lebih berat dan jika dipakai ditanjakkan yang curam mobil tidak akan kuat bahkan mesin bisa mati secara mendadak.

Namun jika terpaksa harus tetap berkendara dengan kondisi kampas kopling mau habis berhati-hatilah saat menyalip karena tarikan akan berat sehingga saat menyalip perlu perhitungan yang matang.Dan hindari jalan dengan tanjakkan yang curam.