Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan Kelebihan Rumah Memakai Genteng Keramik


Bicara soal rumah memang tidak ada habisnya,selalu ada perkembangan baik desain maupun material.

Salah satunya adalah genteng.
Zaman dulu genteng identic dengan bahan tanah liat.Karena memang selain cukup kuat juga mampu menyerap panas yang membuat udara didalam rumah menjadi sejuk.Namun saat ini banyak sekali pilihan genteng seperti genteng cor semen,genteng keramik ataupun genteng plastic.Semua material itu memiliki kekurangan dan kelebihannya.

Untuk anda yang memiliki banyak uang dan mengiginkan rumah anda penuh warna bahkan sampai ke atap pilihan genteng keramik adalah jawabannya.
Nah berikut kekurangan dan kelebihan  Rumah Memakai Genteng Keramik :

1. Kekurangan memakai genteng keramik

* Bobot lebih berat
Dengan bobot yang lebih berat,otomatis rangka atap yang menahannya juga harus kuat.Dan untuk itu memerlukan material rangka yang bagus dan biaya lebih besar.Sehingga meskipun kuat banyak konsumen yang enggan memakainya karena jatuhnya biaya akan jadi lebih besar lagi,ditambah ungkos tukang yang pengerjaan atapnya lebih lama.

* Tidak cocok untuk rumah modern minimalis
Rata – rata bentuknya memang seperti genteng lama sehingga tidak cocok di aplikasikan dirumah modern selain itu dengan biaya yang lebih mahal sehingga banyak pengembang perumahan tidak memilih jenis genteng ini.

* Harga lebih mahal
Karena kwalitas yang lebih baik dengan segala keunggulan seperti tidak meyerap air.Harganya pun juga pasti lebih mahal,makanya untuk perumahan saat ini yang banyak bersistem perumahan bersubsidi tidak memakai genteng jenis ini.

* Harus teliti saat pemasangan
Agar tidak bocor dan mempunyai kerapatan yang sempurna.Memasangnya haruslah teliti dan hati hati,karena bobotnya berat dan harganya mahal.

* Silau
Memang jika anda membeli genteng keramik tersedia banyak sekali pilihan warna dan mengkilap,namun jika siang terik matahari akan memantul dan membuat tetangga anda silau.
Permukaan yang mengkilap dan licin juga membuat anda harus extra hati-hati jika suatu saat ingin memperbaiki atap.

Namun meskipun memiliki beberapa kekurangan,genting keramik tetap menjadi pilihan dari sebagian konsumen Karena terkenal oleh kekuatannya dan kelebihan lainnya.

2. Kelebihan memakai genting keramik

* Kuat dan Tahan Lama
Dengan proses pembuatan yang modern serta memakai suhu yang tinggi membuat genting keramik sangat kuat dan keras,sehingga mampu bertahan hingga puluhan tahun dalam kondisi cuaca di Indonesia.

* Warna tahan lama
Selain kuat salah satu kelebihan genteng keramik adalah warna yang dihasilkan sangat alami dan tidak cepat pudar,sehingga tampilan rumah nampak selalu seperti baru.

* Perawatan Mudah
Karena tingkat kepadatan yang baik,sehingga tidak menyerap air.Membuatnya tidak memerlukan perawatan khusus dan gampang dibersihkan jika terkena pasir.

* Banyak pilihan warna
Banyak merk yang ada dipasaran dan sudah menyediakan beberap pilihan warna,tinggal anda menyesuaikan dengan desain dan warna rumah anda.

* Cocok untuk  cuaca di Indonesia
Kalau hujan tidak menyerap air sehingga ruangan tetap hangat,dan jika panas terik genteng jenis ini bisa menolak panas dengan baik.

Itulah Kekurangan dan Kelebihan Rumah Memakai Genteng Keramik,sesuaikan dengan kebutuhan anda.Dan jangan dipaksa jika memiliki biaya yang terbatas,karena membangun sebuah rumah dana berapa pun bisa kurang.