Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik Syarat Menjadi Seorang Astronot

Ada sebagian dari kita dulu waktu kecil becita-cita ingin menjadi astronot.Memang sangat keren,selain dengan gaji besar kita juga bisa menikmati perjalanan keluar angkasa yang tidak semua orang bisa melakukan itu.

Namun ternyata manjadi angkasawan tidak semudah yang kita bayangkan.Ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi untuk lulus dan siap terbang ke angkasa khususnya jika menjadi salah satu astronot dari NASA Amerika.

Nah berikut fakta yang menarik syarat-syarat menjadi seorang astronot.

Usia tidak menjadi masalah
Berapapun usia anda bisa menjadi astronot.Entah muda ataupun tua yang terpenting anda lulus dari syarat yang cukup berat.Tinggi badan antara 1.45 meter sampai 1.8 meter.Diluar angkasa tubuh bisa bertambah tinggi 5 cm karena tidak ada gravitasi sehingga tulang-tulang bisa meregang.

Jika melalui NASA harus menjadi warga Amerika
Siapapun orangnya jika ingin melamar menjadi astronot NASA harus menjadi warga negara Amerika.

Pengalaman jam terbang 1.000 jam
Ini juga menjadi Salah satu persyaratan yang berat, itulah sebabnya kebanyakkan astronot mempunyai basic militer atau pilot.Seribu jam terbang bukanlah waktu yang singkat menerbangkan pesawat jet.

Sehat terutama jantung
Di luar angkasa yang hampa udara dan tidak ada gravitasi membuat jantung bekerja lebih extra.Memang baju astronot sudah terdapat oksigen,namun jika hampa udara dan tanpa gravitasi jantung lebih berat lagi kerjanya.
Selain pintar astronot juga dituntut secara fisik untuk pekerjaan teknik jika ada kerusakan.
Jadi untuk yang ingin menjadi astronot harus rajin olahraga agar jantung lebih kuat lagi.

Harus bisa berbahasa Rusia
Emangnya bahasa Inggris nggak bisa ya?kan bahasa Rusia ribet?
Memang untuk bahasa diluar angkasa menggunakan bahasa Inggris namun 2011 NASA menghentikan proyeknya dan pesawat ulang aliknya pensiun.Oleh sebab itu semua astronot jika ingin mencapai Stasiun luar angkasa memakai Roket milik Rusia dan tim orang Rusia.Rusia mempunyai kebijakkan   dan beberapa command  pesawat berbahasa Rusia.

Selain itu juga Rusia yang pertama mengirimkan manusia keluar angkasa dan membuat stasiun luar angkasa.
Namun baru-baru ini Amerika sudah bisa membuat roket sendiri dari pihak swasta Space X dan juga Tiongkok.

Berpendidikan tinggi
Untuk menjadi astronot anda juga harus mempunyai gelar pendidikan tinggi.
Ini juga syarat yang cukup sulit setidaknya anda harus lulus dari sekolah tinggi ilmu teknik,ilmu fisika,ilmu biologi,komputer atau matematika dan sudah mempunyai pengalaman profesional selama 3 tahun.

Bisa berenang
Banyak simulasi yang dilakukan di dalam air.Dan dengan memakai baju astronot akan masuk kolam renang dan mulai melakukan simulasi layaknya di luar angkasa yang hampa udara dan tanpa gravitasi.

Mengikuti pelatihan selama 2 tahun di markas NASA.

Nah itulah beberapa fakta menarik syarat-syarat menjadi seorang astronot.Selain pintar, fisik dan pengalaman profesional juga dipertimbangkan.