Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan Kelebihan Memakai Material Akrilik

Kekurangan dan Kelebihan Memakai Material Akrilik
Saat ini akrilik banyak dipakai dan dikembangkan dengan berbagai macam barang baik barang yang berfungsi ataupun barang kerajinan.
Bahkan mesin untuk membentuk bahan akrilik sudah sangat bermacam-macam dan bisa membuat bentuk yang cukup rumit sekalipun.

Hasilnya pun cukup detail dan sangat bagus jika dipadu dengan berbagai macam lampu.

Selain itu berbagai macam barang yang berfungsi juga dapat dibuat seperti aquarium,meja,rak ataupun penutup/cover mesin.

Beberapa memang sengaja memilih bahan akrilik karena memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan memakai bahan lain seperti kaca.
Bahkan saat ini tersedia banyak macam tidak cuma bening saja.Tersedia seperti putih susu ataupun warna solid.
Berikut kekurangan dan kelebihan menggunakan material akrilik.

Kekurangan Memakai Akrilik
Harga mahal
Jika dibanding dengan material lain memang harganya lebih mahal untuk ukuran dengan tebal 3mm dengan panjang 2 meter dan lebar 1 meter bisa mencapai harga 500 ribuan

Mudah tergores
Dengan material mirip plastik jika sering terkena benda tajam akan lebih gampang tergores jika dibandingkan dengan kaca.

Bisa menguning dan retak
Lama kelamaan akrilik akan berubah warna menjadi menguning tidak sebening kaca yang bisa bertahan puluhan tahun.
Bahkan jika sering terkena panas atau sinar matahari timbul retak – retak rambut.

Tidak tahan suhu tinggi
Bersifat seperti plastik akan meleleh jika terkena panas tinggi.Misalkan jika dipakai untuk mencover mesin pabriķ bersuhu tinggi lebih baik memakai plat besi.

Kelebihan Memakai Bahan Akrilik

Mudah dibentuk
Dengan sifat seperti plastik anda bisa berkreasi dengan lebih banyak seperti memanaskannya,mencetak,mengukir sehingga memiliki bentuk yang detail dan indah.
Lebih kuat terhadap benturan
Lebih kuat 17 kali di bandingkan kaca jika terkena benturan.Sangat cocok untuk cover pelindung di mesin mesin pabrik atau pelindung penonton di tribun sirkuit balap.
Selain awet juga akrilik gampang dibersihkan.

Lebih ringan dari kaca
Dengan bobot yang ringan sehingga mudah dalam pengiriman serta pemasangannya.

Tidak menimbulkan reaksi kimia
Sangat baik digunakan untuk rak makanan atau tempat minum dengan minim reaksi kimia sehingga tidak menimbulkan racun yang berbahaya terhadap makanan.

Mudah dipasang
Anda dengan mudah mengebornya dengan mata bor besi biasa dan membautnya.Karena lebih lentur dan kuat dari kaca sehinga mengerjakannya pun lebih tenang tidak mudah pecah ataupun retak.
Tidak seperti kaca yang harus memerlukan mata bor khusus.

Itulah kekurangan dan kelebihan memakai bahan akrilik yang saat ini mulai banyak di pakai untuk berbagai macam keperluan.