Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Sejuknya Sendang Tirto Kamandanu,Wisata Edukasi Pagu Kediri

Sambil ngopi dan menikmati warisan Budaya dan Sejarah tentunya kegiatan yang cukup mengasyikan dan bermanfaat.

Untuk anda yang ingin berwisata di Kota Kediri tentunya harus mengunjungi daerah wisata menang Kabupaten Kediri.
Selain bisa menikmati tempat yang sejuk tentunya bisa menambah wawasan tentang beberapa Kehidupan Kota Kediri Dijaman Kerajaan.

Salah satu tempat yang kami rekomendasikan adalah Sendang Tirto Kamandanu.

Sendang ini merupakan peninggalan sejarah disaat pemeritahan Sri Aji Jayabaya yang terkenal pada abad 12 silam.

Selain menambah wawasan disini juga tempatnya enak,adem dan juga luas.
Pengunjung bisa berisitrahat di gazebo yang telah disediakan sambil menikmati pemandangan bangunan khas jaman kerajaan.
Sendang Tirto Kamandanu sudah mengalami pemugaran sehingga tempatnya terawat dan pengunjung masih bisa menikmati situs sisa bangunan bersejarah.

#HTM#
Untuk Htmnya free alias gratis,kita hanya membayar parkir saja serta bagi yang menyumbang atau berdonasi sudah disediakan kotak khusus.
Dana yang terkumpul juga akan kembali lagi untuk biaya perawatan dan lain-lain.

Untuk yang suka berfoto selfie disini juga ada beberapa spot yang keren lho...jika kalian pintar mengambil gambar sudah mirip bangunan di bali.
Untuk mengatasi perut kosong di area sendang Tirto Kamandanu sudah banyak sekali warung yang bersih dan menyediakan banyak menu khas Kediri seperti Nasi tumpang dan Nasi Pecel he..he...
Menurut Sejarah Sendang Tirto Kamandanu di fungsikan selain untuk mensucikan diri juga untuk bermain para putra putri Raja Di Jaman Pemerintahan Prabu Sri Aji Jayabaya.


Selain itu pada saat Sri Aji Jayabaya melakukan Prama Mokhsa yaitu kembali menghadap Tuhan beserta raganya juga bersuci dan mandi di Sendang ini.

Tetapi waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah tanggal 1 Muharam atau dikenal dalam bahasa Jawa adalah Tanggal 1 Sura.Karena akan ada upacara adat dan pengujungnya sangat ramai sekali.

Basar dan pedagang kaki lima akan memenuhi kawasan Petilasan Menang.

Tertarik mengujunginya langsung saja disini alamat lengkapnya Dusun Menang RT 03 RW 03 Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Selamat berlibur.....