Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Pembalap Moto Gp Sering Latihan Dengan Motocross

Semua pembalap Moto Gp sangat sering berlatih dengan motor motocross,bahkan jika libur setelah menyelesaikan musim balap Moto Gp ada yang ikut kejuaraan moto cross dan bisa mengisi papan atas bahkan bisa juara.

Seperti Marc Marquez yang sering ikut kejuaraan dirty track bahkan sering juara 1 melawan pembalap profesional di dirty track.

Berikut manfaat yang di dapatkan jika pembalap motoGp sering berlatih MotoCross :

1. Melatih dan menambah kekuatan tubuh

Motor Moto Gp memiliki power dan kecepatan yang tinggi selain itu kejuaraanya berkeliling di sirkuit hampir di semua benua, sehingga pembalap di tuntut untuk memiliki fisik yang kuat.

Selain berlatih di gym para pembalap juga menyukai latihan balap menggunakan motor cross karena terbukti bisa menambah kekuatan fisik tubuh.
Dengan motorcross dan lintasan yang sulit otomatis seluruh bagian tubuh dipaksa bekerja secara maksimal sehingga otot dan tubuh meningkat kekuatannya.

2. Melatih keseimbangan saat dilintasan balap

Manuver di moto Gp sangat cepat dan harus menjaga keseimbangan agar sering tidak jatuh karena akan merugikan.

Dengan latihan moto cross disirkuitnya yang berdebu,berlumpur serta licin membuat para pembalap memiliki keseimbangan yang baik yang bisa diterapkan di lintasan moto gp.

3. Menambah daya tahan tubuh

Gelaran Moto Gp mulai dari sesi kualifikasi sampai selesai race memerlukan waktu yang cukup lama.

Melahap puluhan bahkan ratusan lap yang dapat menguras fisik.

Dengan berlatih moto cross dilintasan berdebu, melakukan wheelie,drifting,menahan motor saat mendarat dan menghabiskan  banyak lap dilintasan buruk membuat pembalap moto gp memiliki daya tahan tubuh yang baik apalagi mereka bisa bersenang-senang karena dari kecil sering naik motor trail,sekalian fun biar tidak stress.

4. Strategi dan fokus

Dilintasan motocross yang tidak teratur membuat pembalap harus pandai memilih lintasan yang tidak menghambat waktu mereka sehingga strategi ini bisa diterapkan di Moto Gp.

Selain itu bisa menambah ke fokusan,karena di moto Gp lengah sedikit saja misalkan salah memilih jalur,salah oper gigi bisa langsung kesalip karena selisih waktu antar pembalap hanya sepersekian detik.

Di lintasan moto cross jika tidak fokus bisa saja nyungsep ke kubangan.Karena berlatih menggunakan motor Moto Gp saat berlibur dibatasi Dorna sehingga para pembalap memanfaatkan motor lain agar tidak terkena sanksi.

5. Membentuk postur tubuh yang baik

Dengan motor yang tinggi ditambah tuntutan fisik membuat tubuh memiliki postur yang baik untuk ukuran seorang pembalap.

Tidak gendut,kuat,tegap serta memiliki otot yang terlatih bisa dihasilkan dengan berlatih motorcross.


Nah sekarang kita tahu kenapa para pembalap moto Gp gemar berlatih dengan motor moto cross dilintasan yang sulit dan juga berbahaya.