Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Fitur Cruise Control Wajib Dimatikan Saat Hujan

Fitur Cruise Control Wajib Dimatikan Saat Hujan-ionku.com
 
Fitur Cruise Control Wajib Dimatikan Saat Hujan - Salah satu teknologi baru yang diterapkan pada kendaraan roda empat yaitu cruise control, berfungsi mengatur kecepatan mesin agar tetap stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. 
Cruise control juga kerap disebut sebagai speed control atau juga autocruise yang akan sangat berguna ketika Anda kelelahan ketika berkendara.
 
Kemudian untuk mengaktifkan fitur cruise control, Anda harus memacu kecepatan terlebih dahulu, lalu tekan tombol cruise control dan dengan sendirinya mobil akan mempertahankan kecepatannya untuk tetap stabil pada kecepatan yang telah Anda tentukan sebelumnya tanpa perlu menekan pedal gas lagi.
Aturan pabrikan mobil sendiri sebetulny membatasi kecepatan cruise control minimal 40 km/jam dan bila tingkat laju di bawah kecepatan tersebut, maka fitur ini tidak dapat aktif. 

Hal tersebut jugalah yang menjadi alasan mengapa fitur cruise control hanya bisa efektif digunakan di jalan bebas hambatan atau jalan tol. 

Cruise Control saat Hujan

Melihat begitu canggihnya fitur cruise control tersebut namun nyatanya masih ada fakta lain yang tidak boleh Anda abaikan, yaitu untuk tidak menyalakannya dalam keadaan hujan. 

Risiko Selip
Matikan cruise control saat hujan terutama hujan deras karena bisa berpotensi selip dan membahayakan Anda sendiri. 
Resiko kehilangan traksi dan risiko buruk aquaplaning memang bisa Anda temui ketika hujan turun dan jalanan basah karenanya menonaktifkan fitur tersebut sangatlah bijak, meskipun Anda dalam kondisi lelah.

Di jalan, pada saat hujan dan terdapat banyak genangan air, bisa menyebabkan minyak dan lemak naik ke permukaan air. 

Hal tersebutlah yang membuat kondisi jalan menjadi licin seperti es dan memicu terjadinya aquaplaning (hydroplaning). 

Di mana ban mobil tidak menapak sempurna dan seperti mengambang di atas permukaan. Kondisi seperti ini bahkan bisa terjadi saat kecepatan rendah sekalipun yaitu di 35 mil/jam atau 55 km/jam.

Nonaktifkan Cruise Control
Mengingat fitur ini untuk menjaga laju kendaraan di kecepatan konstan maka ketika hujan turun Anda harus segera mematikannya agar tidak memperburuk keadaan jika aquaplaning.

Caranya adalah dengan menginjak rem, namun jika mobil tidak memiliki fitur Anti Lock Braking System (ABS) dan pengereman dilakukan saat aquaplaning, mobil bisa semakin tergelincir lagi. 

Karena memang menjaga traksi atau daya cengkeram ban dengan permukaan jalan sangat penting ketika hujan dan hanya akan mudah dilakukan bila mobil melaju perlahan.

Solusi
Matikan cruise control saat hujan
dengan menekan sedikit pedal gas atau rem atau dengan menekan tombol cancel lanjutkan dengan menurunkan kecepatan kendaraan secara perlahan. 

Namun jika Anda merasakan kendaraan mulai selip, maka angkat kaki dari pedal gas dan pedal rem dan biarkan kecepatan kendaraan menurun dengan sendirinya. 

Jangan lepaskan kemudi dan pegang kuat-kuat dengan kedua tangan sampai menemukan momen ban kendaraan mulai menapak sempurna.

Itu dia alasan mengapa Anda harus matikan cruise control saat hujan dan berikutnya setelah mobil bisa dikendalikan Anda bisa kembali ke jalur yang semestinya.