Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kekurangan dan Kelebihan Honda Stream



Salah satu MPV dari Honda yang pernah dipasarkan di tahun 2001-2006 adalah Honda Stream.


Memang MPV 7 Seater ini tidak selaris pesaingnya yaitu Kijang Inova, sehingga penjualannya di hentikan.


Namun jika anda mempunyai bajet 70-80 juta dan mengiginkan MPV yang nyaman dan enak di kendarai ciri khas dari mobil Honda,Honda Stream bisa dimasukkan kedalam list.


Nah jika anda berminat membeli Honda Stream, Simak dahulu Kekurangan dan Kelebihannya dibawah ini :


Kekurangan Honda Stream :


  • Desain

Banyak yang menilai kalau Honda Stream ini desainnya bagus dan Sporty.


Tapi bagi saya bentuknya sangat aneh.


Alih - alih mendesain Stream agar mendapat aerodimis yang baik,kap depan dibuat landai dan bagian belakang bodinya dibuat turun.



Desain seperti ini cocok digunakan untuk mobil sedan atau Hatcback.


Kalau untuk mobil keluarga terkesan aneh karena bagian tengah/ kabin ukurannya masih tinggi.


Kesannya seperti digencet / digeprek bagian depan dan belakang.


Yang menjadi keren hanya ground clearance yang rendah khas Honda yang menjadikan sekilas sporty, padahal bentuknya aneh.


  • Limbung di kecepatan tinggi

Meskipun bodinya ceper namun saat digeber dikecepatan tinggi gejala limbung masih kerasa.


Karena meskipun bagian kap depannya terlihat ceper agar tidak terlalu banyak hambatan angin, namun body bagian tengah masih tinggi.


  • Kekedapan kabin kurang

Untuk suara dari luar masih cukup terdengar dari dalam kabin, terlebih dibagian bawah.



  • Radius putar besar

Dengan panjang body yang lumayan dan radius putar besar, anda diwajibkan memperhitungkan secara hati - hati saat putar balik menggunakan Honda Stream.


  • Baris ketiga legroom sempit

Nah jika anda dipaksa duduk dibaris ketiga akan tidak nyaman karena legroom sempit, kaki anda tidak bisa leluasa terlebih jika anda memiliki postur tubuh yang tinggi.



  • Kaki - kaki ringkih

Untuk kaki - kaki memang semua mobil yang sudah berumur wajib melakukan perawatan, hanya saja untuk Honda Stream bagian kaki - kakinya tidak sekuat kompetitor.


  • Untuk tipe 1.7,ac masih single blower

Mengingat ukuran dimensi dari Honda Stream cukup lebar dan panjang dan hanya mengandalkan AC single blower otomatis jika di isi penumpang penuh untuk baris ketiga tidak bisa dengan cepat merasakan dinginnya udara Ac.


  • Ground clearance rendah

Yang kurang dari Honda Stream di bagian ground clearance yang rendah, mengingat ini adalah mobil keluarga yang sering di isi penumpang penuh dan banyak barang bawaan, yang ada semakin ceper dan gampang ngegasruk.



Kelebihan Honda Stream :


  • Handling bagus

Sudah menjadi ciri khas mobil honda hampir semua memiliki handling yang bagus, karena bentuk body yang ceper, suspensi yang pas serta sterring yang presisi.


  • Akselerasi mantap

Honda terkenal dengan mesin yang memiliki akselerasi putaran bawah yang cukup cepat, termasuk Honda Stream. Karena mesin 1.7 yang digendong menghasilkan 130 Hp dan untuk tipe cc 2.000 menghasilkan power 150 Dk.



  • Perpindahan transmisi smoth

Honda selalu menyenangkan untuk di kemudikan termasuk Honda Stream ini, bagaimana tidak karena selain handling yang bagus perpindahan transmisinya juga lembut dan presisi.


  • Irit bahan bakar

Dengan Cc yang cukup besar nyatanya Honda Stream bisa menghasilkan efisiensi bahan bakar yang baik yaitu dalam kota 1:10 dan luar kota 1:14 km/l.


Nah itulah beberapa kekurangan dan kelebihan Honda Stream.


Buat anda pecinta mobil Honda saya rasa kekurangannya tidak menjadi masalah.


Namun karena lebih banyak kekurangannya dibandingkan kelebihannya membuat Honda Stream tidak banyak yang melirik dan harganya cukup jatuh dipasaran.