Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan Dan Kelebihan Batu Bata Merah Vs Bata Ringan



Anda mau membangun rumah,namun bingung memilih material khususnya penggunaan batu bata.Kenali dulu kekurangan dan kelebihannya material yang satu ini.Karena nantinya akan berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan,ruangan yang ingin dibuat dan tidak ada rasa menyesal jika rumah sudah jadi.Karena rumah dibuat dengan biaya yang mahal serta pengerjaan yang lama jadi perhitungkan semua termasuk pemilihan material.Berikut Kekurangan Dan Kelebihan Batu Bata Merah VS Bata Ringan:


Kekurangan Batu Bata Merah

*Jika anda tidak memiliki langganan tukang yang sudah ahli pasti akan menemukan pengerjaan yang tidak rapi,karena material bata merah sendiri tidak presisi berbeda dengan bata ringan.

*Dengan ukuran yang kecil membuat waktu pengerjaan cukup lama otomatis menambah biaya ongkos ditukang.

*Kurang presisi membuat pemasangannya cukup sulit,karena rata-rata batu merah dibuat dengan handmade tanpa mesin atau secara tradisional dengan material yang tidak konsisten.Terkadang baik terkadang campur dengan material yang jelek.

*Lebih boros perekat/adukan semen.Karena jarak pemasangannya sendiri memang cukup besar yang harus di isi dengan perekat sehingga mau tidak mau adonan perekat(campuran pasir,air dan semen) jauh lebih boros.

*Bobot lebih berat,jelas batu bata merah tidak cocok untuk bangunan yang tinggi atau rumah bertingkat karena akan membebani sruktur bangunan.Kalau dipaksakan maka bangunan tidak akan kuat dan rawan retak.



Kelebihan Batu Bata Merah

*Mudah dipindahkan karena memiliki bentuk yang kecil.Misalkan untuk mengangkutnya pun bisa kendaraan apa saja yang penting aman dan muat.

*Untuk pengerjaanya tidak memerlukan keahlian khusus berbeda dengan bata ringan,karena hampir semua tukang bisa memasang dan pernah mengerjakan bangunan menggunakan batu bata merah.

*Harga batu merah lebih murah,bahkan kwalitasnya pun juga beragam.Mau dana yang minim bisa membeli batu bata merah dengan kwalitas rendah.

*Mudah dicari karena banyak sekali pengrajian atau toko bangunan yang menjual batu bata merah.

*Untuk memasangnya tidak memerlukan perekat khusus,jadi segala material pendukungnya mudah dan murah.

*Tahan terhadap api sehingga jika terjadi sesuatu lebih kuat.

*Untuk ruangan yang kecil bata merah sangat cocok karena tidak ada material yang terbuang percuma saat memasangnya berbeda dengan bata ringan karena memiliki ukuran yang besar sehingga harus banyak potongan.


Dan untuk anda yang mau memasang menggunakan batu bata ringan berikut kekurangan dan kelebihannya:

Kekurangan Batu Bata Ringan

*Harga mahal.Jelas karena barang lebih presisi dikerjakan dengan mesin.

*Tidak semua toko bangunan menjual bata ringan terlebih lagi pengrajin tradisional,jadi untuk mendapatkannya cukup susah.

*Untuk di aplikasikan di ruangan yang kecil banyak membuang material karena ukurannya yang besar jadi harus dipotong.

*Memerlukan keahlian khusus untuk memasangnya,tidak semua tukang bisa terlebih lagi belum pengalaman menggunakan material yang satu ini maka hasilnya akan kurang rapi.


*Memerlukan perekat khusus,biasanya 1 paket perekat instant yang dijual di toko material.

*Sebelum diplester jangan sampai terkena air,jika dipaksakan nantinya akan timbul bercak ditembok.


Kelebihan Batu Bata Ringan

*Pengerjaan lebih cepat karena bentuknya besar serta tidak memerlukan banyak adonan perekat.Sehingga biaya ongkos tukang lebih terpangkas.

*Cocok digunakan di gedung bertingkat atau rumah berlantai 2 khususnya banguan bagian atas karena bobot yang ringan sehingga struktur bangunan jadi lebih kuat karena beban di atas lebih ringan.

*Memiliki bentuk yang presisi sehingga menghasilkan tembok yang rapi dan menghemat plesteran karena permukaan sudah rata dan presisi cukup di plester 2.5 cm saja.

*Lebih rapat dan padat sehingga minim terjadi rembesan.


Itulah sedikit ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan Batu Bata Merah Vs Bata Ringan,rencanakan dengan baik bangunan anda agar tidak menyesal dan puas jika bangunan sudah jadi karena jika salah mengulanginya mempunyai proses panjang dan memakan banyak biaya.Terima kasih banyak.