Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Tekanan Angin Ban Mobil Yang Rendah Lebih Beresiko Ketimbang Terlalu Keras

Ternyata Tekanan Angin Ban Mobil Yang Rendah Lebih Beresiko Ketimbang Terlalu Keras
Ban merupakan salah satu hal yang paling vital di sebuah mobil,bagaimana rasanya mobil jika berjalan tanpa ban.

Oleh sebab itu pemilik mobil harus sering kali merawat serta memperhatikan hal apa saja agar ban mobil anda awet serta aman dipakai diperjalanan.Salah satunya adalah tekanan angin ban karena dengan tekanan yang pas maka ban akan awet serta perjalanan menjadi aman dan nyaman.


Kenapa tekanan angin ban harus diperhatikan,karena kebanyakan dijalan khususnya dijalan tol kecelakaan terjadi mayoritas karena pecah ban.

Dan perlu anda ketahui bahwa tekanan ban yang kurang ternyata lebih berbahaya.

* Karena tekanan ban yang kurang membuat dinding permukaan ban akan lebih sering terguncang naik turun sehingga kawat yang ada didalam ban bisa lebih cepat putus.
* Jika usia ban anda sudah cukup tua dengan tekanan udara ban yang sering kurang maka karet yang sudah getas akan dipaksa berjalan dengan beban yang lebih kuat sehingga bisa sobek.
* Dengan kondisi ban dengan tekanan angin rendah maka akselerasi mobil akan berkurang dan handling pun menjadi berat ini sangat berbahaya jika anda akan menyalip mobil lain karena kecepatan berat dan handling buruk bisa menyebabkan kecelakaan.Selain itu dengan tekanan angin yang kurang mobil akan anjut-anjutan yang membuat pengemudi dan penumpang lebih cepat lelah.
* Lebih boros bbm,dengan ban yang gembos maka permukaan ban akan lebih lebar sehingga tarikan mobil menjadi berat dan mesin akan bekerja lebih berat yang membuat BBM menjadi boros.
* Dengan kondisi tekanan angin ban yang kurang membuat jarak bibir velg ke bibir luar ban menjadi lebih pendek.Itu artinya dinding ban menjadi pendek dan jika menghantam lubang dengan kecepatan tinggi bisa menyebabkan velg peyang,pecah/retak bahkan ban bisa pecah.

Itulah alasan kenapa tekanan ban yang kurang ternyata lebih berbahaya.Selalu cek sebelum anda melakukan perjalan khususnya jika anda sering melalui jalan rusak ataupun jalan tol.Semoga bermanfaat.Terima kasih banyak.