Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Mobil Yang Sangat Jarang Dipakai

Cara Merawat Mobil Yang Sangat Jarang Dipakai

Mungkin hal ini terjadi bagi sebagian pemilik mobil,dimana mobil memang jarang dipakai setiap hari dengan alasan efisien,terjebak macet saat berangkat kerja atau hanya menggunakannya jika benar-benar perlu saja.

Meskipun mobil jarang dipakai tetap harus dirawat,karena jika dibiarkan begitu saja juga akan banyak bagian-bagian yang rusak.

Karena mobil memiliki banyak sekali komponen khususnya part yang terbuat dari karet akan lebih cepat getas jika tidak digunakan.

Nah berikut tips bagi anda yang memiliki mobil yang memang sangat jarang dipakai :

* Parkir di tempat yang datar
Karena jika mobil diparkir ditempat yang tidak rata nantinya kaki-kaki akan cepat rusak.Karena mobil mempunyai bobot yang berat jika dibiarkan terus maka tidak seimbang.Bahkan bearing bisa rusak.

* Pastikan kabel aki dicabut
Dengan kondisi mobil yang ditinggal pemilik  terlalu lama mencabut aki adalah salah satu yang disarankan selain menjaga aki tidak tekor juga untuk berjaga-jaga jika ada kabel yang terkelupas tidak konslet sewaktu di tinggal pemilik.

* Isi BBM penuh
Ada yang bilang jangan menyimpan terlalu banyak bensin jika mobil tidak sering dipakai nanti bensin bisa basi,tetapi saya rasa mengisi bbm penuh jika mobil tidak dipakai sangat lama lebih baik karena dengan tidak ada ruang kosong di dalam tangki maka tidak ada embun serta tangki lebih awet,jauh dari karat.

* Bersihkan interior dan exterior
Pastikan kebersihannya jika memang berniat tidak memakai mobil dalam jangka waktu yang lama.
Karena jika kotor dibiarkan dalam waktu yang lama akan susah dibersihkan dan merusak cat.
Dan untuk interior jika tidak dibersihkan dapat mengundang hewan-hewan kecil seperti semut dan kecoa bahkan tikus akan tertarik untuk bersarang.

* Cek dan ganti oli
Cek oli mobil anda dari mulai kapasitas dan kondisinya.Meskipun tidak dipakai oli harus tetap dalam keadaan bagus minimal 6 bulan sekali harus diganti karena mobil yang jarang dipakai oli lebih sering mengendap dan bisa jadi terlalu kental dan menjadi lumpur.

* Non aktifkan Hand rem
Banyak kejadian dimana mobil yang terparkir lama dalam kondisi hand rem aktif akhirnya saat dipakai rem lengket dan roda tidak bisa berputar.Lebih baik ganjal saja rodanya,namun pastikan lingkungan anda tempat memarkir mobil jauh dari tangan jahil.

* Jauhkan Karet wiper dari kaca
Dengan diberi sedikit ganjalan berupa kertas atau kardus,dengan cara ini karet wiper anda lebih awet terlebih lagi jika garasi anda tidak memiliki atap maka akan terhindar dari panas kaca yang membuat karet wiper cepat getas.

* Memanaskan mesin mobil
Meskipun tidak dipakai setidaknya cukup dipanasi mesinnya saja 2-4 hari sekali,namun jika tidak memungkinkan ya cukup cabut aki saja.Nyalakan mesin 2-5 menit sudah cukup.

* Tutup mobil dengan cover
Untuk melindungi dari debu atau cakaran hewan peliharaan sebaiknya tutup mobil anda dengan cover.Namun dengan membuka sedikit saja kaca cendela biar sirkulasi udara lancar dan tidak timbul jamur pada jok mobil anda.

* Topang semua ban
Untuk mobil yang benar-benar tidak dipakai dengan jangka yang sangat lama sebaiknya naikkan semua roda dengan ganjalan.Karena jika tidak bearing dan ban bisa rusak karena menopang beban yang diam terlalu lama.

Mungkin itu sebagian tips Cara Merawat Mobil Yang Sangat Jarang Dipakai semoga dapat membantu.
Terima kasih