Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Huruf dan Angka Pada Transmisi Mobil Matic,Ternyata Mudah di Pahami



Untuk anda yang baru pertama kali memakai mobil matic atau yang baru belajar mobil menggunakan mobil matic pasti menemukan deretan huruf dan angka disamping handle transmisi.

Berbeda dengan mobil manual angka dan hurufnya terletak di atas handle transmisi.

Ternyata huruf di samping handle transmisi matic mempunyai arti yang cukup mudah,sehingga jika kita belajar mobil matic nanti tidak kesulitan mengoperasikannya.Karena banyak kecelakaan saat belajar menggunakan mobil matic khususnya kaum hawa.

Jika sudah paham artinya nantinya akan lebih mudah mengunakan mobil matic daripada mobil manual.Namun setiap pabrikkan dan tipe mobil tertentu terkadang mempunyai huruf dan angka trasmisi berbeda-beda namun tenang saja sebenarnya artinya sama.

Berikut arti huruf dan angka pada trasmisi mobil matic :

* “N” artinya Netral jadi mobil dalam keadaan tidak masuk gigi baik mesin dalam keadaan menyala ataupun mati.Tetapi jika hand rem tidak di aktifkan mobil bisa saja bergerak dijalanan turunan.

* “P” artinya Parking atau parkir.Jika anda memasukkan gigi P maka mobil akan masuk gigi netral sekaligus akan berhenti seperti handa rem aktif.Jadi disarankan jika anda berhenti dan mematikkan  mesin,masukkan saja gigi P karena lebih aman mobil tidak bergerak.

* “D” artinya drive tuas gigi ini jika dimasukkan mobil akan berjalan secara normal,sehingga pengemudi tinggal injak gas dan rem saja.Mesin akan menyesuaikan sendiri sesuai dengan kecepatannya.Jika mobil matic anda jenis CVT maka yang sering digunakan hanya D,R,N,P saja.

* “S”artinya sport biasanya ada di mobil matic merk Honda,selain “D” yang bisa anda gunakan untuk mengemudi maju secara normal ada pilihan lagi yaitu “S” dengan memasukkan trasmisi ini maka mobil akan berkendara lebih responsive dan cocok untuk melaju dikecepatan tinggi khususnya jalan tol.

* “R”berarti Reverse yang berfungsi untuk memundurkan mobil anda.Ini juga huruf umum karena digunakan di mobil dengan jenis manual.

* “L”/Low adalah dimana kondisi mobil seperti masuk gigi 1 pada mobil manual.Nah jika anda melalui tanjakkan yang curam seperti jalur pegunungan atau parkir di Mall dengan tingkat paling atas anda bisa menggunakan memasukkan L1/L sehingga mobil bisa menanjak dengan ringan.Meskipun bisa menggunakan “D”namun untuk menanjak biasanya cukup lemot atau berat.
Namun pernah ada user yang menggunakan mobil matic salah satu merk jepang yang mengeluhkan saat menanjak menggunakan gigi “L”namun sesampai ditengah perjalanan saat Rpm naik tiba-tiba gigi berpindah ke “2”secara otomatis sehingga mobil tidak kuat menanjak,dan berulang sampai akhirnya memilih kembali tidak jadi meneruskan perjalanan.Jadi untuk anda pemakai mobil matic harus berhati-hati saat digunakan dijalur tanjakkan karena memang lebih lemot ketimbang mobil manual,khususnya jalur tanjakkan.

* “2”ini berarti mobil anda akan masuk seperti gigi 2 pada mobil manual yang cocok untuk driving dijalur pegunugan dengan jalur tanjakkan biasa dan tidak terlalu curam.Untuk turunan juga bisa digunakan sehingga rem tidak bekerja terlalu berat karena pada gigi 2 mempunyai engine brake.

* “3”sama halnya dengan angka “2” mobil akan bergerak maju maksimal perseneling 3 seperti pada mobil manual.Namun ini jarang digunakan karena dengan jalur biasa anda cukup menggunakan “D” saja.

Itulah arti huruf dan angka pada mobil matic.Ada beberapa jenis mobil matic yang paling mudah adalah jenis CVT dengan angka transmisi yang sederhana namun dengan hargayang cukup mahal dan juga ada jenis matic konvensional dengan jumlah pilihan trasmisi lebih banyak.
Semoga artikel ini bermanfaat.terima kasih.