Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hemat Atasi Kaca Mobil yang Retak atau Cuil




Mobil saat ini merupakan alat transportasi yang dipakai untuk sehari-hari,karena selain cepat dan hemat juga mampu menampung penumpang dan barang banyak.Namun dengan begitu kita tidak tahu apa saja yang bisa terjadi dijalanan.

Salah satunya adalah keretakan pada kaca ataupun gempil (cuil),ketika kita berkendara bisa saja kaca mobil terkena batu kerikil atau benda keras lainnya yang bisa menyebabkan retak atau cuil.

Saya sendiri mempunyai pengalaman saat membeli mobil bekas dan waktu itu saat mengecek dalam keadaan malam dan mobil sedikit kotor,setelah sesampai dirumah dan transaksi selesai mobil di cuci dan baru ketahuan ada bagian kaca retak dan cuil.


Dan dengan cara hemat ternyata kaca retak dan cuil bisa diperbaiki sendiri meskipun tidak sesempurna kaca baru namun cara ini terbukti cukup kuat untuk menutupi retak ataupun cuil terbukti saya sudah memakainya selama 2 tahun keretakkan dan cuil tidak tambah melebar.

Untuk alat dan bahannya kita bisa beli di toko online atau toko bangunan yang cukup lengkap.Saat itu saya membelinya seharga 72 ribu karena kebetulaan saat mencari di tokopedia tokonya ternyata dekat dengan rumah.Windshield Repair Kit namanya yang memang banyak di jual online.

Ini adalah semacam cairan resin yang akan menutup dan mengisi bagian kaca yang retak dan cuil.
Namun saya sarankan cara ini hanya dilakukan untuk kaca mobil anda dengan keretakkan yang tidak terlalu panjang maksimal 5 cm dan juga cuil atau gempil yqng tidak terlalu lebar dan dalam agar hasilnya kuat malsimal.

Berikut cara aplikasi mudahnya :
* Bersihkan dahulu bagian yang retak dari debu agar resin bisa meresap kedalam retak kaca dengan sempurna.
* Pasang holder dan teteskan resin pada lubang holder.




* Dengan alat penekan masukkan kedalam ulir dan putar sampai rapat karena resin akan tersuntik kedalam retak kaca dan gelembung udara akan keluar.



* Sambil dijemur dibawah terik sinar matahari kurang lebih 20 menit.
* Setelah itu buka dan kembali teteskan resin secara langsung kebagian retaknya dan selanjutnya tutup dengan plastik mika tipis yang sudah 1 paket di pembelian Windshield Repair Kit.




* Jemur kembali 20 menit.
* Setelah itu buka dan rapikan bagian resin yang meluber menggunakan cutter tipis,biasanya juga sudah 1 paket.
* Setelah itu lihat hasilnya.

* Kembali saya mengingatkan cara perbaikinya harus dijemur,jika tidak resin tidak akan bisa mengering.
   Saya sendiri sudah memakainya dan terbukti cukup menutup bagian yang retak dan kuat,jika dilihat dari jauh juga sudah lumayan tidak kelihatan retaknya.
   Namun memang tidak disarankan jika retak pada kaca mobil anda terlalu panjang atau cuil terlalu besar,lebih baik diganti saja agar lebih aman dan tidak pecah sewaktu-waktu dijalan.