Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Helm Moto Cross Tidak Punya Kaca Visor dan Bentuknya Berbeda


Pernahkan anda melihat ditoko helm ataupun gelaran balap moto cross dan memperhatikan bentuk helmnya yang aneh dan tidak memiliki kaca pelindung.Padahal jika kita survei di toko,helm moto cross tidak ada yang berharga murah,dengan corak serta stiker yang sangat keren-keren.
Ternyata helm moto cross yang bentuknya meruncing dan mempunyai gap yang lebar dengan mulut juga mempunyai tujuan tersendiri,dan juga tidak memiliki kaca visor.
Berikut alasannya mengapa helm moto cross memiliki bentuk yang aneh serta tidak memiliki kaca visor :
Tidak punya kaca pelindung
Selain rider moto cross bisa menghirup udara dengan lebih leluasa,mengganti kaca helm dengan kacamata juga gampang dibersihkan.Karena motocross sejatinya digunakan di medan berlumpur dan berdebu.
Dengan cukup menggunakan goggle maka kotoran mudah dibersihkan.Misalkan dalam keadaan adventure dan seluruh bagian tubuh terkena lumpur dan debu maka goggle mudah di copot dan dibersihkan ketimbang melepas helm bervisor dan mencucinya.
Sehingga rider bisa melanjutkan perjalanannya kembali dengan pandangan yang tidak tertutup lumpur dan debu lagi tanpa kehilangan banyak waktu.
Helm desain meruncing dan gap di mulut lebar.
Pembalap motocross akan lebih mudah menghirup udara karena motocross dan adventure sangat menguras energi sehingga rider memerlukan asupan udara yang lebih untuk bernafas.Selain itu selalu bergelut dengan debu udara segar lebih sulit dihirup.
Pet Helm panjang
Biasanya kalau di helm umum pet atau orang jawa menyebunya “capil”untuk melindungi rider dari silau matahari.Namun di helm moto cross dibuat lebih panjang lagi yang berfungsi melindungi pembalap dari cipratan lumpur yang bisa menutupi pandangan.
Seperti pembalap yang mengkuntit pembalap lain didepannya,agar tidak terciprat lumpur dari roda belakang.Pembalap sedikit merunduk untuk berlindung dari cipratan lumpur dan peak helm yang panjang melindunginya sehingga pandangan tetap aman dan tidak terganggu sampai garis finish.

Itulah tujuan helm moto cross di desain khusus dan sangat berbeda dengan helm pada umumnya.Memang yang utama melindungi pandangan dari lumpur dan meringankan efek dari ganasnya debu.