Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Punuk pada Wearpack Rider Moto GP


Ada yang aneh ketika kita melihat baju Balap Rider Moto GP yaitu ada semacam punuk onta dibelakang baju.Namun itu bukan hiasan semata karena punuk yang terdapat pada wearpack Moto Gp mempunyai fungsi khusus.

Memang benar selain berfungsi sebagai salah satu fungsi keselamatan juga terdapat fungsi lainnya.

Berikut fungsi Punuk pada Wearpack Rider Moto GP.

* Untuk menyimpan tangki air minum
Ketika balapan di daerah panas pastinya rider selalu membutuhkan air minum,namun dengan full konsentrasi membalap yang sepersekian detik waktu sangat berharga,maka rider memilih minum saat race sedang berlangsung yaitu dengan cara menyedot menggunakan selang pada helm yang terhubung ke punuk wearpack.Tentunya hal ini lebih mungkin dilakukan saat lomba sedang berlangsung.Sehingga pembalap tidak dehidrasi saat balapan ditengah suhu yang panas seperti disirkuit Malaysia.

* Untuk pompa mini
Selain tangki untuk air minum juga terdapat pompa kecil yang berfungsi memutar air yang bekerja mirip radiator pada mesin mobil,nantinya akan disambungkan ke rompi khusus sebelum memakai wearpack dan terdapat selang kecil yang mengelilingi rompi tersebut dan terus bersikulasi untuk mendinginkan suhu tubuh pembalap.

* Untuk meyimpan perangkat electronic
Seperangkat alat kecil yang ditempatkan dipunuk itu yang berfungsi untuk nanti mengukur detak jantung dan lain lain seperti sensor air bags wearpack .Memang wearpack moto Gp sangat canggih dan harganya memang tidak murah berkisar 12- 28 jutaan.

* Pelindung
Mungkin memang berpengaruh kecil namun setidaknya jika pembalap terjatuh dalam kondisi terlentang bagian punggung akan lebih terlindungi dan juga kepala akan sedikit terangkat yang meminimalisir benturan pada kepala,meskipun sudah memakai helm.

Itulah sedikit informasi tentang fungsi punuk pada baju balap Moo Gp yang meskipun cukup kecil mempunyai banyak fungsi,mungkin tidak semua baju balp mempunyai teknologi yang sama sekalipun sama-sama mempunyai punuk.
Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.