Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan Kelebihan Memakai Lantai Granit



Memang pesona lantai granit sangat menarik perhatian,lantai jadi terkesan sangat mewah dan berkelas apalagi jika memakai ukuran yang besar pasti mencerminkan pemilik rumah adalah orang kaya.

Dengan berbagai motif yang alami serta mayoritas memiliki ukuran yang besar membuat ruangan nampak luas serta kesan alami yang sedap dipandang.

Namun memakai lantai atau tembok bermaterial granit juga memiliki beberapa kekurangan sekalipun granit itu sangat kuat dan keras.

Berikut kekurangan dan kelebihan memakai lantai berbahan granit yang bisa buat anda pertimbangan sebelum memutuskan memakaianya.

1. Kekurangan memakai granit

* Harga Mahal
Untuk mendapat granit kwalitas baik anda harus membelinya dengan harga yang cukup mahal,untuk kelas standart saja harga permeternya bisa untuk membeli 4 meter keramik kw 1.Hindari membeli granit dengan harga murah,karena umumnya granit berharga murah akan merepotkan dikemudian hari.Selain pilihan motifnya sedikit biasanya granit berharga murah akan mudah berjamur dan akan sulit dihilangkan,selain itu lapisan coatingnya juga gampang hilang sehingga kita lebih sering mengeluarkan biaya lagi tiap tahunnya hanya untuk urusan coating/seal lantai granit.

* Berat
Granit merupakan batuan alam yang sangat lama,dengan bobot yang cukup berat maka anda harus memperhatikan struktur bangunan apakah akan kuat dipasang granit.

* Pengerjaan ribet
Dengan bobot yang berat,harga mahal,keras maka anda harus punya orang profesional untuk memasangnya,karena salah dalam pengukuran akan menambah biaya.Pengerjaan pemotonganya pun juga cukup sulit karena keras,salah-salah bisa rusak.Diperlukan alat pemotong khusus berbeda dengan keramik.

* Perawatan mahal
Jika anda menggunakan keramik maka akan awet selama bertahun-tahun dan tetap mengkilap namun jika menggunakan granit maka anda harus memolesnya/coating setidaknya setahun sekali agar granit anda tetap mengkilap dan tahan gores karena jika tidak maka bisa berjamur karena air pel atau tumpahan sesuatu bisa meresap dan menimbulkan jamur.Dan jika itu sudah terjadi maka akan sangat sulit dihilangkan.

* Pilihan corak dan warna terbatas
Karena batu granit coraknya terbuat secara alami dari alam sehingga terbatas bahkan biasanya perlembarnya tidak sama coraknya meskipun warnanya sama karena memang murni terbuat dari alam.Pilihannya pun juga terbatas karena tidak semua batu di alam memiliki ukuran yang sangat besar jadi diperlukan pekerja profesional agar kelihatan rapi,menarik dan hampir seragam.


2. Kelebihan memakai granit
* Nat tipis
Dengan memakai lantai atau dinding keramik maka nat akan terlihat sangat tipis bahkan sebagian orang menyebutnya tidak ada nat.Sehingga terkesan menyatu dan menambah kesan luas dan alami sebuah ruangan.

* Tampilan mewah
Tekstur alami dari alam dan mengkilap serta ukuran yang besar membuat ruangan terkesan sangat mewah.

* Kuat dan tahan lama
Batu granit sangat keras jika penghuninya rutin merawatnya maka akan bertahan puluhan tahun.Cocok digunakan untuk dapur karena mudah dibersihkan dan tidak menyerap bahan kimia,sehingga anda tidak perlu capek membersihkannya cukup di lap saja.Bahkan lantai tidak mudah berbakteri sangat cocok untuk anda yang mempunyai anak kecil.

* Tahan gores
Material granit sangat kuat sehingga tahan gores bahkan jika anda menggeser perabotan maka akan minim goresan dan sekalipun tergores bisa diperbaiki dengan memolesnya kembali,sehingga material ini cocok digunakan untuk hunian mewah,hotel atau gedung mewah yang syarat akan kesempurnaan.

* Menambah nilai jual sebuah bangunan
Jika anda menemukan brosur perumahan dan tertulis lantai granit maka bisa ditebak hunian itu mewah dan mempunyai harga yang cukup mahal.Jika anda menjual kembali rumah itu maka bisa membuat pembeli labih tertarik dan yakin untuk membelinya.

     Itulah kekurangan dan kelebihan jika anda memakai lantai atau tembok menggunakan batu granit,dan bisa anda gunakan untuk menjadikan referensi sebelum membangun atau mendirikan sebuah bangunan.Terima kasih.