Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebisa Mungkin Hindari Membeli Mobil Bekas yang Sudah Berumur 10 Tahun

Alasan Sebaiknya Hindari Membeli Mobil Bekas yang Sudah Berumur 10 Tahun

Membeli mobil bekas merupakan piihan tepat jika Anda memiliki dana yang terbatas. 

Namun, Anda tidak disarankan memilih kendaraan terlalu tua.

Berikut ada beberapa alasan sebaiknya hindari membeli mobil bekas yang sudah berumur 10 tahun atau lebih agar Anda bisa lebih teliti.


1. Jarak Tempuh 

Hal pertama yang menjadi alasan adalah mengenai masalah jarak tempuh dari kendaraan karena usianya sudah cukup tua. 

Mobil dengan usia 10 tahun tentu saja sudah digunakan untuk menempuh jarak yang cukup jauh apalagi jika digunakan sebagai kendaraan sehari-hari oleh pemilik sebelumnya.
Setiap mobil rata-rata bisa menempuh jarak 20 ribu kilometer dalam waktu satu tahun. Hal ini berarti jarak tempuh kendaraan tersebut akan bertambah sesuai dengan usia penggunaanya. 

Mobil yang sudah menempuh jarak jauh, apalagi melebihi standar, akan memberikan masalah kedepannya.

Hal ini karena Anda perlu melakukan perawatan lebih terhadap kendaraan tersebut yang tidak bisa diperkirakan jumlah biayanya. 

Selain itu, mobil bekas yang usianya sudah lebih dari 10 tahun tentu juga sudah tidak cukup tangguh untuk menempuh perjalanan jauh.


2. Alasan Terkait Performa Kendaraan

Berikutnya, Anda perlu mewaspadai terkait performa kendaraan jika membeli mobil yang usianya sudah lebih dari 10 tahun. 

Apalagi jika mobil tersebut merupakan bekas angkutan umum, seperti mobil rental atau sebelumnya dijadikan sebagai taksi misalnya.

Mobil yang usianya sudah tua tentu saja memiliki performa kurang prima apalagi jika pemilik sebelumnya tidak paham terkait bagaimana cara menjaga kendaraan. 

Membeli mobil lebih dari 10 tahun membuat Anda berkemungkinan mendapatkan kendaraan yang sudah tidak bertenaga.

Akibatnya adalah, kendaraan tersebut tidak bisa diajak lari dengan kecepatan tinggi bahkan lebih sering memerlukan banyak  biaya kendaraan. 

Apabila performa mobil juga sudah tidak lagi prima, maka kenyamanan Anda dalam berkendara juga akan ikut berkurang.


3. Fisik Kendaraan

Fisik kendaraan menjadi alasan sebaiknya hindari membeli mobil bekas yang sudah berumur 10 tahun selanjutnya dan harus dipahami. 

Hal ini karena mobil yang usianya sudah tua tentu saja memiliki perbedaan kondisi dan tampilan fisik dengan kendaraan keluaran terbaru.

Industri kendaraan roda empat selalu mengeluarkan desain interior dan ekerior yang upgrade untuk setiap mobil rilisan terbaru. 

Jika Anda membeli mobil bekas yang usianya 10 tahun, maka tidak bisa mendapatkan kendaraan dengan tampilan fisik menawan karena desainnya sudah tua.
Apabila Anda menginginkan kendaraan yang fisiknya lebih baik, maka memerlukan biaya tambahan untuk bisa memoles eksteriornya. 

Apalagi jika kondisi fisik kendaraan tenyata sudah tidak mulus, maka akan menjadi kendala tersendiri ketika dana untuk membeli mobil tersebut terbatas.


4. Fitur Kendaraan

Satu lagi alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan lagi jika membeli mobil bekas yang usianya sudah 10 tahun, yaitu fitur pada kendaraan. 


Fitur pada mobil tentu saja akan selalu mengikuti perkembangan berdasarkan teknologi yang sedang naik daun di tahun rilis kendaraan tersebut.


Kendaraan keluaran lama tentu saja mempunyai fitur yang terbatas jika dibandingkan dengan mobil edisi terbaru. 

Ketersediaan ini tentu saja akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan Anda ketika mengendari tersebut, termasuk untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

Alasan sebaiknya hindari membeli mobil bekas yang sudah berumur 10 tahun dalam konteks ini yakni kecanggihannya masih kalah dengan kendaraan terkini. 


Apalagi jika Anda menginginkan mobil dengan model keamanan berteknologi terbaru, maka membeli mobil bekas dengan usia 10 tahun bukanlah pilihan yang tepat.

Maka pertimbangkan dengan matang, lebih baik bersabar untuk menabung agar mendapat unit yang lebih muda.