Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Memakai Kaca Film Mobil 80%, Hati - hati Terlebih Jika Kesehatan Mata Sudah Berkurang

Di Indonesia memiliki cuaca yang cukup panas di siang hari, maka hampir semua mobil di Indonesia dipasangi kaca film.

Hal ini berfungsi untuk meredam panas di siang hari dan juga silaun lampu kendaraan lain saat berlawanan arah dimalam hari.

Namun kita tidak boleh sembarangan memasang kaca film,  karena sudah ada aturan bahwa bagian depan maksimal hanya 40% dan lainnya hanya 60% tingkat kegelapnnya.

Selain itu juga harus menyesuaikan dengan kesehatan mata kita, jika sudah memiliki usia di atas 35 tahun jangan pernah memasang kaca film dengan tingkat kegelapan 80%.

Selain dilarang dan bisa kena tilang juga sangat berbahaya, karena visibilitas menjadi jauh berkurang.

Saya sendiri mempunyai pengalaman memasang kaca film dengan tingkat kegelapan 80% di semua kaca jendela mobil kecuali bagian depan hanya 40%.

Menurut saya itu sangat gelap sekali, selain membuat mata cepat lelah juga membuat kepala menjadi pusing.
Saat malam hari kita tidak bisa melihat kaca spion dengan jelas, selain itu saat melihat dari samping kita tidak bisa melihat objek dengan jelas .

Sorot semua lampu menjadi redup, misalkan lampu motor lewat, lampu toko atau cafe.

Jika ada motor yang menyelonong atau mobil yang menyalip dari sisi kiri itu tidak begitu kelihatan, kita bisa saja menyenggol mereka.

Saat kita mencari tempat makan atau mencari alamat harus menurunkan kaca terlebih dahulu agar pandangan lebih jelas.

Jadi memasang kaca film 80% sangat tidak disarankan, meskipun tampak keren dan privasi kita terjaga, namun sangat berbahaya.

Hal yang paling parah adalah ketika kita berkendara saat malam hari dengan kondisi hujan, memakai kaca film 40% bagian depan dan lainnya 80% itu sangat tidak kelihatan.

Mobil kita akan rawan menyerempet kendaraan lain atau tembok jika masuk gang kecil.

Dengan banyaknya hal negatif maka selang 5 hari langsung saya ganti lagi dibagian samping depan kanan kiri menjadi 40% dan kini sudah sangat nyaman sekali, bisa melihat kemana - mana namun bagian penumpang belakang terjaga privasinya.

Jadi yang saya sarankan adalah 
untuk bagian kaca depan maksimal hanya  40%, 

Sedangkan bagian kanan kiri depan ( baris pertama ) maksimal 60%, 

Dan yang lainnya (baris kedua dan ketiga ) bisa memakai maksimal 80% tergantung selera dan privasi.

Dengan komposisi tersebut sopir bisa melihat dengan jelas, penumpang juga bisa melihat objek jika mobil dipakai untuk jalan - jalan, dan bagian penumpang belakang tetap terjaga privasinya.

Semoga bermanfaat buat anda yang ingin mengganti kaca film, jangan sampai keliru karena sangat berbahaya dan bisa mengeluarkan biaya lagi.